batampos.co.id – Menyambut ajang balap sepeda internasional pada Maret mendatang, Tour de Bintan 2017 diprediksi akan semakin meriah dengan bertambahnya para peserta yang berasal dari luar negeri.

Iklan

Hal ini tentu saja memberi dampak positif bagi pariwisata Kepri khususnya Bintan yang sudah dikenal memiliki pemandangan dan fasilitas pariwisata yang lengkap. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan event ini juga masuk dalam kalender balap sepeda dunia untuk kategori Grand Fondo World Series 2017.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan merasa bangga bisa melaksanakan event ini untuk yang ke delapan kalinya di Bintan,” kata Luki, Jumat (24/2).

Kepastian perhelatan Tour de Bintan telah diumumkan dalam website resmi Union Cycle International (UCI). UCI telah menetapkan event ini diselenggarakan pada 3-5 Maret mendatang.

Sekitar 1000 pebalap sepeda dari 70 tim dan komunitas 40 negara, siap datang ke Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. “Jumlah peserta tahun 2017 ini juga telah meningkat hingga 20 persen dibandingkan 2016 lalu. Sebagian besar didominasi oleh Singapura, Inggris, Australia dan Indonesia,” jelas Luki.

Menjelang event Tour de Bintan angka kunjungan wisatawan manca negara terus menunjukkan angka yang signifikan. Tidak menutup kemungkinan angka kunjungan akan meningkat 3 hingga 5 kali lipat.

Luki menjelaskan, penyelenggaraan sport tourism bertaraf internasional ini, juga akan memberikan direct impact dan media value yang tinggi. Mengingat tahun lalu, event ini berhasil mendatangkan sekitar 2.500 wisatawan dan devisa yang kita peroleh sekitar USD 2,75 juta.

“Pada pembukaan Event Tour de Bintan tahun ini, kita juga menghadirkan artis ibukota Iis Dahlia,” ujarnya.

Lanjut Luki, akan meninjau setiap titik jalur yang akan dilalui peserta pada Senin (27/2). “Kami juga telah menyiapkan segala hal terkait event ini. Karena biasanya peserta akan membawa serta mekanik dan keluarganya untuk sekalian berlibur,” tutupnya. (cr18)