Agus Wibowo (kiri) dan Isdianto

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun akhirnya memilih dua nama calon wakilnya untuk diserahkan ke DPRD Kepri. Keduanya masing-masing Isdianto yang merupakan adik kandung gubernur sebelumnya, almarhum M Sani, dan politikus Partai Demokrat, Agus Wibowo.

Anggota Komisi II DPRD Kepri, Rudy Chua, mengatakan Nurdin menyerahkan kedua nama itu ke DPRD Kepri pada Jumat (24/2) lalu. “Mereka adalah Isdianto dan Agus Wibowo,” ujar Rudy, tadi malam.

Isdianto saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Kepri. Sedangkan Agus Wibowo merupakan Wakil Ketua DPRD Bintan dari Partai Demokrat.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak juga membenarkan penyampaian dua nama calon wakil gubernur (cawagub) itu oleh Nurdin. Namun Jumaga mengaku tak mengetahui nama kedua cawagub pilihan Nurdin itu.

“Karena kebetulan saya sedang tidak masuk kantor pada hari Jumat itu,” ujar Jumaga.

Jumaga mengatakan, dirinya akan mengecek dua nama cawagub yang diusulkan Nurdin itu, Senin (27/2) hari ini. “Besoklah baru tahu,” kata dia.

Politikus PDI Perjuangan ini hanya menjelaskan, sesuai aturan Nurdin memang harus mengusulkan dua nama calon wakilnya ke dewan. Selanjutnya, DPRD Kepri akan memilih satu di antara keduanya melalui mekanisme voting.

Sementara sejumlah partai pengusung Sani dan Nurdin pada Pilgub Kepri 2016 lalu mengaku kaget dengan dipilihnya Agus Wibowo sebagai cawagup Kepri. Sebab dalam beberapa kali rapat yang digelar sebelumnya, baru Isdianto yang disetujui oleh partai pengusung.

“Baru satu yang disepakati, yang satu lagi masih akan dibahas,” kata Ketua DPW PKB Kepri, Abdul Basit Haz, tadi malam.

Namun begitu, Basit mengaku belum mendapatkan informasi resmi soal usulan tersebut. Sehingga dirinya masih akan mengeceknya kembali. Akan tetapi, jika ternyata gubernur mengusulkan nama Agus Wibowo sebagai calon wakilnya, Basit memastikan PKB akan protes.

“Kalau memang informasi ini benar, kita akan protes keras. Karena belum ada kesepakatan bersama,” tegas Basit.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan dirinya akan mengusulkan dua nama cawagub ke DPRD Kepri setelah pembahasan APBD Kepri 2017 rampung. Dan Isdianto memang cawagub yang diusulkan oleh partai pengusung.

Proses penetapan wakil gubernur Kepri ini memang memakan waktu yang cukup panjang. Bahkan hampir setahun sejak posisi wagub lowong terhitung dari Mei 2016 lalu. Kondisi ini juga sempat menjadi perhatian Mendagri, Tjahjo Kumolo, yang meminta Nurdin Basirun segera mengusulkan dua nama cawagub ke DPRD Kepri. (jpg)


loading...