batampos.co.id – Nama Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Isdianto dan Wakil Ketua DPRD Bintan, Agus Wibowo menjadi dua nama kandidat Wakil Gubernur Kepri yang diusulkan oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Penyerahan kedua nama tersebut dilakukan Gubernur, Jumat (24/2) lalu. Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak membenarkan adanya usulan tersebut.

Dari informasi yang diterima Batam Pos dari internal DPRD Kepri, Gubernur mengajukan dua nama sebagai calon Wagub Kepri. Kedua nama tersebut adalah Isdianto dan Agus Wibowo. “Gubernur sudah mengajukan dua nama Wagub. Mereka adalah Isdianto dan Agus Wibowo,” ujar legislator DPRD Kepri tersebut kepada Batam Pos, tadi malam.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak membenarkan adanya informasi tersebut. “Memang benar adanya usulan tersebut disampaikan Gubernur ke DPRD Kepri. Tetapi siapa kandidatnya saya belum mengetahui, karena kebetulan sedang tidak masuk kantor pada hari Jumat kemarin,” ujar Jumaga.

Masih kata Jumaga, dirinya juga tidak mengetahui pasti berapa nama yang diusulkan oleh Gubernur. Menurut Jumaga, nama-nama tersebut akan diketahuinya besok (hari ini,red). Dijelaskan Jumaga, sesuai ketentuan Undang-Undang Pilkada, syaratnya adalah mengusulkan dua nama ke DPRD Kepri. “Besoklah (hari ini,red) baru,” papar Jumaga.

Terpisah, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kepri, Abdul Basit mengaku belum mengetahui adanya keputusan tersebut. Menurut Basit, memang pada pertemuan beberapa waktu lalu, sudah menentukan nama Isdianto sebagai salah satu kandidat Wagub Kepri. Sedangkan satu nama lainnya masih akan didudukan lagi.

“Sampai sekarang ini, masih belum ada duduk bersama untuk menentukan satu nama lainnya. Kalau memang benar informasi ini, kita akan protes keras. Karena belum ada kesepakatan bersama,” tegas Basit.

Seperti diketahui, akhir Januari lalu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyebutkan, pengajuaan nama dua calon Wakil Gubernur (wagub) Kepri ke DPRD Kepri akan dilakukan setelah pembahasan APBD 2017 selesai. Mengenai nama, saat ini dikatakannya sudah diajukan parpol pengusung. Salah satu kandidat, Isdianto menyatakan sudah mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Penentuan kandidat Wagub Kepri membutuhkan waktu yang cukup panjang. Yakni lebih kurang setahun, terhitung dari Mei 2016 lalu. Untuk mengisi kekosongan kursi Wagub Kepri, Mendagri juga sudah menyurati Gubernur untuk segera mengusulkan dua nama ke DPRD Kepri. (jpg)

Respon Anda?

komentar