Iklan

batampos.co.id – Flu menyerang daya tahan tubuh seseorang. Gejalanya, batuk, pilek, radang tenggorokan, muntah, demam, dan sakit kepala. Ada banyak resep sederhana untuk mencegahnya. Sedikitnya ada 8 bumbu dapur yang dapat mengusir flu seperti dilansir Boldsky, Senin (27/2).

1. Oregano
Bumbu dapur ini adalah tanaman herbal yang banyak digunakan pada makanan Italia. Oregano mengandung zat antimikroba yang membunuh penyakit penyebab flu.

2. Kayu Manis
Bumbu aromatik ini tidak hanya ditambahkan pada makan dan minuman tetapi juga baik bagi pengobatan flu karena sifatnya sebagai analgesik.

3. Bawang Putih
Kandungan allicin di dalam bawang putih dapat menangkal virus flu saat dicampur dengan kunyit.

4. Jahe
Jahe paling baik untuk menghangatkan tubuh. Kandungan beta carotene di dalam jahe membuat otot santai dan mengurangi rasa nyeri selama flu.

5. Pala
Bumbu dapur yang satu ini mengandung tryptophan yang dapat meringankan flu bahkan lebih baik dari obat.

6. Rosemary
Bumbu dapur herbal ini merupakan tanaman yang sering digunakan pada masakan barat. Tanaman ini juga mengandung antibakteri alami menangkal flu.

7. Eucalyptus
Minyak eucalyptus banyak ditemukan di beberapa apotek atau supermarket. Minyak ini mengandung decongestant dan analgesik pereda flu.

8. Mawar
Air mawar juga banyak digunakan sebagai kosmetik. Mawar jenis Wild Rose ternyata memgandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (cr1/JPG)