Jumat, 19 April 2024

Raja Salman Pecahkan 3 Rekor MURI

Berita Terkait

Australia Desak Warganya Segera Tinggalkan Israel

Hasan: Saya Akan Taati Proses Hukum

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud (AFP PHOTO)

batampos.co.id – Berkunjung ke Indonesia Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memcahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Belum pernah ada yang seperti ini.  Beliau (Raja Salman, red) layak diberikan penghargaan,” ujar Ketua Umum MURI Jaya Suprana dalam Kamis (2/3).

Menurut Jaya, rekor pertama yang terpecahkan adalah jumlah rombongan Raja Salman yang fenomenal, yaitu sekitar 1.500 orang. “Rombongan Raja Salman ini merupakan kunjungan kenegaraan terbesar. Negara lain belum pernah ada yang seperti ini,” ucap Jaya.

Rekor kedua, Raja Salman tercatat sebagai kepala negara tertua yang datang berkunjung ke tanah air dengan usia 81 tahun.

Rekor ketiga, jumlah investasi Arab Saudi yang dibawa Raja Salman menjadi yang terbesar dalam sejarah ekonomi Indonesia karena mencapai angka Rp 333 triliun.

“The biggest. Jadi ada tiga rekor,” sebut Jaya.

Lantas kapan penghargaan itu akan diberikan kepada Raja Salman?

“Jadwal beliau sudah sangat padat. Mungkin nanti lewat duta besar Arab Saudi di Indonesia dan duta besar Indonesia yang ada di Arab Saudi,” terang dia.

Rencana pemberian penghargaan itu langsung direspons  Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Mantan Dirut Telkom itu menyebut rekor itu kurang.

Masih ada rekor Kepala Negara dan Raja Terlama Berlibur ke Bali, 5 hari dan asyik menikmati Pulau Dewata.

“Ini sangat baik, karena menyambung hubungan baik, setelah 47 tahun kedua pemimpin negara tidak lagi bertemu, sejak Raja berkunjung ke Jakarta tahun 1970,” ungkap Menpar Arief Yahya.(cr2/JPG).

Update