Jumat, 19 April 2024

Cegah Narkoba, Rutan Dipasang X Ray

Berita Terkait

 

batampos.co.id – Guna mencegah masuknya narkoba ke dalam Rumah Tahanan (Rutan), Dirjen Pemasyarakatan menyerahkan bantuan berupa mesin X- Ray dan alat pendeteksi narkoba ke Rutan Kelas IA Tanjungpinang.

Kepala Pengamanan Rutan Kelas IA Tanjungpinang, Budi Istiawan mengatakan dengan dipasangnya alat tersebut, maka setiap orang yang hendak memasukkan narkoba ke dalam rutan akan terdeteksi.

“X-Ray akan digunakan rutin untuk melihat barang bawaan pengunjung. Jadi jangan coba-coba memasukan narkoba. Pasti akan ketahuan,”ujar Budi, Sabtu (4/3).

Selain itu, kata Budi, dengan pemasangan mesin X-Ray. Dapat meningkatkan pelayanan di lingkungan Rutan dan mencegah peredaran narkoba dikalangan warga binaan. Sehingga seluruh tahanan yang ada di rutan tidak terkontaminasi dengan barang haram tersebut.

“Tidak hanya barang bawaan pengunjung. Para tahanan nantinya juga diperiksa dengan alat pendeteksi narkoba,”kata Budi.

Dengan adanya mesin itu, sambung Budi, juga dapat memberikan kenyamanan dan pemeriksaan terhadap warga binaan serta masyarakat yang mengunjungi keluarga yang ada di Rutan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Sekali lagi saya tegaskan, jangan coba-coba membawa narkoba dan barang lainnya yang juga dilarang. Karena pasti akan ketahuan,”pungkas Budi.(ias)

Update