Kamis, 28 Maret 2024

Baru 14 Pejabat Ikut Open Biding

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengaku sembilan formasi Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) yang dilelang (open biding) sudah dilamar semua. Namun proses open biding itu belum dapat dilaksanakan tim Panitia Seleksi (Pansel) sebab ada beberapa formasi yang belum memenuhi persyaratan.

“Sudah 14 pejabat eselon II dan III yang melamar. Namun formasi yang dilamar belum semuanya terisi. Karena syaratnya kan setiap formasi wajib dilamar minimal tiga pejabat,” ujar Dahlan ketika dikonfirmasi, Senin (6/3).

Formasi JPT yang sudah memenuhi persyaratan lamaran, kata Dahlan, baru lima formasi. Diantaranya Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Kemasyarakatan, Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Sedangkan empat formasi lagi, lanjut Dahlan, baru diisi satu sampai dua pejabat saja. Yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan (DPRKPKP).

“Lima formasi sudah dilamar tiga sampai lima pejabat. Sedangkan empat formasil lagi baru diisi satu sampai dua pejabat saja,” bebernya.

Disindir lamaran dari kalangan TNI dan Polri atau instansi vertikal, Dahlan menjelaskan dari kalangan itu belum ada yang melamar sampai saat ini. Namun dari informasi yang diperolehnya ada satu perwira TNI AL yang ingin mengikuti open biding.

Ditanya keinginan TNI AL itu melamar, Dahlan mengatakan tidak mengetahui secara pasti. Sebab informasi itu sebatas komunikasi melalui telepon seluler saja. Sehingga belum dapat dipastikan perwira tersebut berkeinginan mendaftar diformasi mana saja.

Tetapi, sambung Dahlan, perwira TNI AL itu bisa mendafatarkan diri diempat formasi yang dibuka untuk umum. Dari Dishub, Satpol PP, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan serta PUPR.

“Kami dapat telpon dari perwira TNI AL. Perwira itu berminat ikuti open biding. Namun kami tak tahu keinginannya melamar diformasi mana saja,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, dari sembilan formasi baru diisi tujuh pelamar. Diantaranya Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Kemasyarakatan dilamar tiga pejabat. Yaitu Wan Chairil, Samsudi, dan Thamrin Dahlan. Kemudian formasi Dinsos dilamar oleh dua pejabat yaitu Djafnurinsyah dan Wan Chairil.

Berikutnya, Dishub dilamar oleh empat pejabat yaitu Reni Yusneli, Efendi, Irianto, dan Djafnurinsyah. Lalu, Disparbud dilamar oleh dua pejabat yaitu Reni Yusneli dan Efendi. Selanjutnya, Satpol PP dilamar oleh Efendi dan Irianto, Dispora dilamar oleh Efendi dan Samsudi serta DPRKPKP hanya dilamar oleh Djafnurinsyah.

Ketujuh pejabat yang melamar berasal dari internal Pemko Tanjungpinang dan Pemprov Kepri. Sedangkan dari instansi vertikal seperti Bea dan Cukai, Imigrasi, dan Badan Pusat Statistik (BPS) belum ada yang melamar.

“Satu pejabat ada yang melamar dua sampai tiga formasi. Seperti Reni Yusneli (Mantan Plt Sekda Pemprov Kepri-red) melamar didua formasi. Tapi beliau sudah jadi PNS Pemko Tanjungpinang,” ujar Kepala BKPSDM Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan, Selasa (28/2). (ary)

Update