Jumat, 19 April 2024

Setya Novanto: Saya sudah Memberikan Klarifikasi Sejelas-jelasnya

Berita Terkait

Setya Novanto, Ketua Umum Partai Golkar

batampos.co.id – Setya Novanto, Ketua Umum Partai Golkar, santai saja namanya disebut dalam sidang di Pengadilan Tipikor, terkait kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik atau e-KTP.

Saat dikonfimasi, Novanto mengaku tidak mepermasalahkan namanya disebut dalam persidangan tersebut.

Pasalnya dirinya telah memberikan penjelasan secara detail kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya sudah disidik dua kali, sudah memberikan klarifikasi yang sejelas-jelasnya apa yang saya lihat, apa yang saya ketahui dan apa yang saya dengar,” ujar Novanto dalam Rakornis Partai Golkar di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta, Kamis (9/3).

Meski demikian, Ketua DPR tersebut mengaku mendukung dan berharap lembaga yang dikepalai oleh Agus Rahardjo bisa mengusut kasus tersebut sampai tuntas, sehingga bisa menjadi terang benderang.

“Saya mendukung apa yang sudah dilakukan oleh KPK dan mengapresiasi pada pimpinan KPK dan juga baik Pak Agus maupun pimpinan yang lain khusunya para penyidik yang sudah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap juga termasuk saya,” katanya.

Sekadar informasi, dalam persidangan Novanto juga disebut bersama-sama melakukan korupsi dengan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri) sekaligus pejabat pembuat komitmen, Sugiharto, dan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemedagri, Irman.

Di mana peran Novanto adalah merayu fraksi-fraksi di DPR agar mendukung proyek pengadaan e-KTP tersbut. Dalam kasus ini dugaan korupsi e-KTP telah merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun. (cr2/JPG)

Update