Jumat, 19 April 2024

38 Pelajar Terjaring Razia Jam Malam

Berita Terkait

Petugas mendata pelajar yang terjaring razia jam malam di Kantor kelurahan Tanjunguban Kota, Kamis (9/3) malam. F.Choky/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 38 pelajar SD sampai SMA terjaring razia penertiban jam malam disejumlah warung internet oleh tim gabungan Satpol PP di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kamis (9/3) lalu.

Razia yang digelar mulai pukul 21.00 WIB, ini dilakukan di beberapa titik lokasi diantaranya, Tanjunguban Selatan dan Tanjunguban Kota.

“Kami berhasil menjaring 38 pelajar SD, SMP, dan SMA. Mereka langsung dibawa ke kantor Kelurahan Tanjunguban Kota untuk dimintai keterangan sekaligus diberikan pembinaan,” jelas Kabid penegakan Perda Satpol PP Pemkab Bintan, M Ali Bazar Marilau.

Ali menuturkan razia ini adalah salah satu bentuk penegakan peraturan terhadap pengawasan jam malam bagi pelajar, yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bintan nomor 1 tahun 2014.

“Jelas tertuang dalam pasal 4 ayat 1, aturan yang dimaksud bertujuan agar pelajar tidak berkeliaran pada malam hari dan dapat melaksanakan tugas pokok sebagai pelajar. Sementara sanksi yang diberikan hanya berupa pembinaan, serta dilaporkan ke orangtuanya,” terangnya.

Dikatakan Ali, kegiatan pengawasan tersebut merupakan yang kedua kalinya dan akan terus berlanjut kesemua lokasi yang dianggap rawan yang sering dijadikan tempat kumpul pelajar yang suka keluyuran di malam hari, termasuk warnet.

“Razia ini akan terus rutin kami lakukan, supaya tidak ada lagi pelajar yang keluyuran di malam hari. Sekaligus mengantisipasi hal negatif yang bisa mempengaruhi pelajar untuk melakukan kejahatan atau pun lainnya,” tuturnya.

Ali juga mengimbau kepada setiap orang tua untuk bisa berperan aktif dalam mengawasi pergaulan anaknya, agar tidak terjerumus ke pergaulan negatif, yang dapat menghancurkan masa depan anak tersebut.

“Kami meminta agar orang tua juga bisa lebih memperhatikan lingkungan bermain anaknya, karena orang tua yang lebih dekat dan mengerti bagaimana karakter anaknya,” imbuhnya. (cr20)

Update