Jumat, 19 April 2024

Anggota Pramuka Bakal Calon Pemimpin Daerah

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang, Syahrul menegaskan kepada anggota gugus depan untuk mengatualisasikan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari lingkungan sekolahan sampai lingkungan masyarakat.

“Dasa darma mengandung nilai karakteristik yang tinggi. Maka aktualisasikanlah nilai itu dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam visimisi keperamukaan nilai tersebut merupakan jati dirinya individual dan bangsa,” ujar Syahrul, kemarin.

Mengaktualisasikan dasa darma, kata Syahrul, harus digaungkan sejak dini oleh setiap pembina gugus depan SMA dan SMK se Kota Tanjungpinang kepada anggotanya. Karena anggota pramuka yang memiliki jati diri ataupun jiwa dasa darma bakal menjadi calon pemimpin daerah dimasa mendatang.

Maka, lanjut Syahrul, setiap pembina gugus depan harus sering melaksanakan berbagai kegiatan terkait kepramukaan. Sebab melalui kegiatan itu bisa disusupi nilai-nilai positif kepada anggota pramuka. Sehingga terciptalah generasi yang cerdik, berkarakter dan asik atau mudah berbaur.

“Kami akan agendakan berbagasi kegiatan kepramukaan. Itu dilakukan juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembina dalam mendidik serta memberikan pemahaman kepada anggotanya,” jelas Syahrul yang juga Wakil Walikota Tanjungpinang ini.

Syahrul berharap anggota pramuka yang ada di daerah ini mampu menoreh beragam prestasi diseluruh bidang. Baik skala lokal maupun nasional. Jika itu dapat terwujud anggota pramuka akan menjadi generasi yang cemerlang dan percontohan bagi lainnya. (ary)

Update