Kamis, 28 Maret 2024

Presiden Baru Saja Selesai Pimpin Rapat Terbatas Bahas Batam dan Kepri pada Umumnya

Berita Terkait

Suasana rapat terbatas.
foto: setkab

batampos.co.id – Pembaca situs berita batampos.co.id yang budiman, baru saja Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) di kantor Presiden, Jakarta.

Bahasannya ialah Batam dan Kepri secara umum.

Pada kesempatan itu Presiden menyampaikan bahwa bahasan rapat ialah evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas Provinsi Kepulauan Riau.

Dikepukakan Presiden bahwa pertumbuhan ekonomi Kepri tahun 2016 ialah 5,03 persen. Pertumbuha ekonomi ini dicapai lewat sektor industri pengolahan, pertambangan, konstruksi dan perdagangan.

Sektor industri pengolahan bukan saja berperan sebagai mesin penggerak ekonomi daerah tapi juga mampu serap banyak tenaga kerja.

Meski demikian, ungkap Presiden prosentase pengangguran terbuka di Kepri masih cukup tinggi yakni sebesar 7,69 persen.

Melihat fnomena tersebut Presiden Jokowi menitahkan untuk konsentrasi pada pengembangan gugus pulau besar seperti Anambas, Natuna, Lingga, Karimun, Bintan, Batam & Tanjung Pinang.

Misalnya, Kepulauan Natuna fokus sebagai sentra industri kelautan dan perikanan serta migas. Lalu Karimun dikembangkan sebagai sentra industri manufaktur.

Pada kesempatan itu Presiden minta Provinsi Kepri, Pemko Batam, dan BP Batam bersatu agar pelayanan kepada investor lebih baik dan cepat.

Khusus untuk Batam, Presiden minta terus dikembangkan potensinya. Adapun masalah yag ada segera disampaikan agar solusi bisa diberikan. (ptt)

Update