Jumat, 29 Maret 2024

29 Kapal Ikan Nelayan Asing Ditenggelamkan di Natuna

Berita Terkait

Sejumlah kapal asing yang mencuri ikan di Laut Natuna disandarkan di pelabuhan Antang. Kapal ini rencananya akan ditenggelamkan, Sabtu (1/4)

batampos.co.id – Sebanyak 29 kapal ikan nelayan asing yang tertangkap mencuri ikan di laut Natuna akan ditenggelamkan hari ini, Sabtu (1/4).

Danlanal Ranai Letkol Laut (P) Tony Herdjianto sekaligus Komandan Satgas penenggelaman untuk wilayah Natuna mengatakan, pihaknya sudah mengkoordinir persiapan kegiatan penenggelaman 29 kapal ìkan nelayan asing tersebut.

29 kapal ikan nelayan asing tersebut, diantaranya adalah tangkapan KRI sebanyak 13 unit dan 16 unit adalah tangkapan Kapal Pengawas Aumber Daya Kelauatan Perikanan (PSDKP) Kementerian kelautan dan Perikanan.

Dikatakan Toni, semua Kapal yang ditenggelamkan sudah mendapatkan putusan inkrah Pengadilan. Dan diserahkan pelaksananaan penenggelaman kepada Satgas 115 illegal Fishing.

“Penenggelaman dilaksanakan di wilayah Pos TNI AL Sabang Mawang besok, persiapan kita laksanakan bersama unsur terkait, diantaranya kejaksaan, KKP, pengadilan dan Unsur lainnya,” ujarnya Jumat (31/3).

Penenggelaman katanya, akan dilaksanakan secara terpusat dengan dikomandoi langsung oleh Menteri kelautan perikanan Susi Pudjiastuti, rencananya akan memimpin kegiatan penenggelaman dari perairan Bitung Manado.

“Penenggelaman dilaksanakan oleh tim Demolisi dari Korps pasukan katak (Kopaska) TNI AL, dibawah komando Armada Barat (Koarmabar). Penenggelaman kapal ikan nelayan asing yang akan dilaksanakan ini kegiatan pertama pada tahun 2017 ini,” ujar Tony.(arn)

Update