Sabtu, 20 April 2024

Dubes RI Bantu Promosikan Karimun di Singapura

Berita Terkait

Bupati Karimun, Aunur Rafiq memaparkan potensi investasi Karimun di hadapan Dubes Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya, Rabu (5/4).

batampos.co.id – Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk negara Singapura HE Ngurah Swajaya, Rabu (5/4), melakukan kunjungan kerja ke Karimun. Kehadiran Ngurah Swajaya ingin melihat lebih dekat peluang investasi Karimun agar bisa dilakukan promosikan ke Singapura.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam pemaparannya menyebutkan, Kabupaten Karimun sudah memiliki kawasan FTZ, dan kawasan KEK sebagai wilayah untuk berinvestasi bagi investor yang akan menanamkan modalnya. Untuk melihat kondisi kawasan FTZ tadi, bupati langsung mengajak Dubes berkeliling.

”Di FTZ sudah tercatat investasi mencapai triliunan rupiah dengan 9 perusahaan asing maupun nasional. Termasuk di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas yang lebih besar mencapai 164 perusahaan,” jelasnya.

Lanjutnya, potensi-potensi yang ada di Karimun cukup menjanjikan dengan rencana pembangunan infrastruktur yang terus dibangun. Baik melalui dana Kabupaten, Provinsi bahkan Pusat. Seperti pembangunan dan peningakatan fasilitas pelabuhan dermaga Malarko untuk dilanjutkan sebesar Rp 250 miliar, kemudian pelabuhan Tanjung Tiram (Green Port) Rp 127 miliar serta peningakatan kapasitas pelabuhan parit Rampak Rp 30 miliar.

”Intinya, Pak kita Pemkab Karimun terus membangun infrastruktur yang dibutuhkan oleh para investor. Semuanya, dikerjakan secara bertahap yang akhirnya sangat menguntungkan bagi para investor itu sendiri. Secara otomatis akan bisa tumbuh ekonomi di kabupaten Karimun secara umum,” tuturnya.

Sementara Dubes RI untuk Singapura H E Ngurah Swajaya mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk melakukan promosi di Singapura pada akhir bulan nanti terhadap potensi-potensi yang ada di kabupaten Karimun. Diharapkan, setelah dilakukan promosi nantinya peluang untuk para investor luar negeri akan berminat. Mengingat, lahan yang ada di Karimun cukup banyak dan letak geogratif yang sangat mendukung.

”Di sana, para perusahaan asing sudah terdaftar sekitar 1500 perusahaan yang berkantor di Singapura. Dimana saat ini investasi Singapura di Indonesia pada tahun lalu mencapai 55 persen yang tersebar di Pusat maupun Daerah. Dan untuk Karimun ada tiga potensi yang cukup menarik, yaitu galangan kapal, pariwisata dan perikanan,” ucapnya. (tri)

Update