Selasa, 23 April 2024

Baznas Salurkan Dana Zakat Rp 351 Juta Lebih

Berita Terkait

Bupati Karimun, Aunur Rafiq bersama pengurus Baznas Karimun, pelajar penerima bantuan beasiswa pendidikan, dan warga kurang mampu menerima dana zakat di masjid Agung Karimun, Kamis (6/4)

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun kembali mendistribusikan dana zakat. Kali ini, dana zakat yang disalurkan untuk lima kecamatan (Karimun, Meral, Meral Barat, Tebing, dan Moro) mencapai Rp 351 juta.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Aunur Rafiq di aula Masjid Agung, Kamis (6/4) kemarin. Untuk Moro yang berhak menerima sebanyak 712 fakir miskin, dan 168 fisabilillah, dan bantuan beasiswa pendidikan, bantuan insentif dan usaha akan diserahkan hari ini, Jumat (7/4).

Bupati Aunur Rafiq mengucapkan terimakasih kepada pengurus Baznas yang telah berhasil mengumpulkan dana umat sebesar Rp351 juta lebih di triwulan pertama tahun 2017. Diminta penerima dana zakat dari Baznas Karimun benar-benar tepat sasaran.

”Saya harap kepada pengurus Baznas Karimun, agar terus melakukan pemutakhiran data bagi penerima zakat nantinya. Lebih baik, diberikan kepada dunia pendidikan bagi generasi penerus yang benar-benar ingin meneruskan pendidikan,” pesannya.

Rafiq mengaku keberadaan Baznas sangat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Apabila ditambah dengan dana infaq Rp1000 yang sudah digalakkan, tentu nantinya akan lebih besar lagi untuk diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

”Kalau digabung dengan dana infaq, tentu akan besar. Buktinya, bulan lalu sudah tercapai Rp28 juta dana infaq yang terkumpul. Insyaallah dalam satu tahun akan terkumpul lebih,” tuturnya.

Sementara Wakil Ketua Baznas Karimun H Nasrial mengatakan, target tahun 2017 dari Baznas Provinsi Kepri yaitu Rp2,6 miliar. Sedangkan di tahun 2016 lalu, Baznas Karimun Rp2.180.864 miliar yang melebih target dari Baznas Provinsi Kepri Rp2 miliar. Untuk triwulan pertama hanya RpRp351.100 juta, dan nanti di triwulan kedua biasanya meningkat drastis berbarengan dengan masyarakat melakukan zakat di bulan suci Ramadan.

”Kita tetap terus mengimbau kepada instansi-instansi pemerintah maupun swasta untuk menyisihkan pendapatannya, berzakat ke Baznas Karimun. Yang langganan dari Polres Karimun, rutin mereka berzakat ke Baznas Karimun,” bebernya. (tri)

Update