Sabtu, 20 April 2024

Ongkos Haji Batam Sebesar….

Berita Terkait

batampos.co.id – Jamaah calon haji yang hendak berangkat tahun ini sudah bisa memulai pelunasan. Presiden sudah meneken Keppres nomor 8 Tahun 2017 tentang Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Persiapan haji sendiri diklaim sudah hampir rampung, tinggal menggenapi beberapa hal terkait penambahan jamaah.

ilustrasi

’’Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, BPIH terendah adalah Aceh, sedangkan yang tertinggi Makassar,’’ terang Menag Lukman Hakim Saifuddin di kompleks Istana Kepresidenan.

BPIH untuk embarkasi Aceh ditetapkan Rp 31.040.900, sedangkan embarkasi Makassar Rp 38.972.250 per jamaah. Sementara Batam Rp 32.125.650 (lihat grafis, red). BPIH tersebut terdiri dari tiga komponen, masing-masing penerbangan, pemondokan, dan biaya hidup.
Menag menuturkan, jamaah yang ditentukan berangkat tahun ini sudah bisa melunasi BPIH di 17 bank yang ditunjuk. ’’Sekarang sudah bisa bersiap-siap, sehingga 2-3 hari ke depan sudah bisa melunasi,’’ lanjut putra mantan Menag Saifuddin Zuhri itu.

Disinggung pemondokan di Mekah dan Madinah, Lukman memastikan sudah hampir siap. Hanya, beberapa waktu belakangan pihaknya mencari tambahan pemondokan untuk tambahan jamaah setelah kuota haji Indonesia kembali normal. Jaraknya pun kurang lebih masih sama seperti tahun lalu, maksimal 4,5 kilometer dari Masjidil Haram.

Menurut Lukman, sebenarnya pemondokan itu sudah tidak lagi menjadi masalah. Mengingat, untuk hotel yang jaraknya di atas 1,5 kilometer ada bus salawat yang melayani penumpang selama 24 jam dari dan ke Masjidil Haram.

Sementara, untuk pemondokan di Madinah lokasinya tetap sama, di Markaziyah. Jaraknya kurang dari satu kilometer dari Masjid Nabawi.
Kasubdit Pendaftaran Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Noer Alya Fitra menuturkan di dalam Keppres tersebut memang tidak dicantumkan jadwal pelunasan BPIH. Dia menjelaskan jadwal pelunasan BPIH nantinya diatur dalam Keputusan Menteri Agama (KMA).

’’Meskipun KMA belum keluar, tetapi jadwalnya sudah kita buat,’’ kata Noer.

Kemenag telah menetapkan jadwal pelunasan BPIH untuk dua tahap. Pelunasan tahap pertama akan dibuka mulai 10 April sampai 5 Mei.
Kemudian pelunasan tahap kedua dibuka 22 Mei sampai 2 Juni. Selain diisi calon jamaah kuota berangkat 2017, seluruh jamaah haji lunas tunda tahun lalu sebanyak 3.611 orang juga diterbangkan tahun ini. Sementara kuota total jamaah haji reguler tahun ini 204 ribu, termasuk tim pemandu haji daerah (TPHD).

Berikutnya Kemenag bakal mengeluarkan daftar nama calon jamaah yang berhak melunasi ongkos haji pada Kamis (6/4). (jpgroup)

Update