Jumat, 29 Maret 2024

Gagal Panen, Sayuran Hijau Naik Hingga Rp 8 ribu

Berita Terkait

Warga saat belanja di Pasar Fanindo Tanjunguncang, Batuaji. Jelang Ramadan pemerintah diharapkan dapat mengawasi dan melakukan operasi pasar untuk mengatasi lonjakan harga kebutuhan pokok. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Harga sayur hijau di pasar Fanindo,  Batuaji alami kenaikan, Senin (17/4). Farida,  salah satu pedagang mangatakan sayur hijau seperti kangkung dan bayam naik, mulai Rp 4 ribu hingga Rp 8 ribu.

Harga sayur yang sebelumnya hanya Rp 5 ribu perkilo, kini naik antara Rp 10 ribu hingga Rp 14 ribu perkilo.

Farida menyebutkan kenaikan harga sayur ini karena banyak petani sayur yang gagal panen. Sehingga pasokan sayur seperti bayam, kangkung maupun lainnya menjadi sedikit.

“Akhir-akhir ini hujan terus, jadi banyak tanaman rusak,” kata Farida.

Kondisi ini pun telah berlangsung selama sepekan ini. Kondisi ini juga dialami pasar tradisional SP Plaza, Sagulung. Sayur hijau juga alami kenaikan.

“Iya, sayur hijau memang naik,” ujar Ismail.

Tak hanya sayur hijau, harga bawang putih juga masih tinggi. Harga bawang putih masih bertahan diangka Rp 40 hingga Rp 43 ribu perkilonya.

“Harganya masih tinggi. Padahal dua minggu yang lalu harganya masih Rp 35 ribu perkilo,” sebutnya.

Sementara untuk harga sayuran seperti sawi, kol dan lainnya masih normal. Begitupun dengan harga sembako, harganya masih tetap normal.

“Masih normal. Tak tahu apakah bulan puasa bakalan naik apa tidak,” ucap Feri salah satu pedagang sembako di pasar tradisonal SP Plaza. (cr19)

Update