Sabtu, 20 April 2024

Berharap Muncul Penemuan Baru Bidang Perikanan

Berita Terkait

 

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyerahkan SK pengangkatan kepada salah seorang PPL, Kamis (27/4). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batampos.

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengharapkan munculnya penemuan baru dunia perikanan dari Provinsi Kepri. Harapan itu diperuntukan bagi 66 orang Tenaga Pendamping Perikanan (PPL) yang dilepas bertugas secara resmi pada tujuh Kabupaten/Kota, Kamis (27/4) di Pulau Setokok, Batam.

Harapan Nurdin tersebut bukanlah berlebihan. Mengingat Provinsi Kepri selalu memberikan tenaga pendamping bidang perikanan tersebut kepada masyarakat nelayan sejak tahun 2011. Program itu terus berkesinambungan hingga tahun 2017 ini.

“Kepri sudah punya tenaga pendamping perikanan ini sejak tahun 2011. Tenaga yang kita pilih adalah mereka yang berkompeten di bidang perikanan. Maka itu saya sangat berharap tahun ini bisa muncul satu penemuan baru di bidang perikanan ini. Bekerjalah dengan sepenuh hati. Eksplorasilah kekayaan laut Kepri ini dengan ilmu kalian. Bimbing masyarakat nelayan ini dengan serius. Semoga dengan keseriusan dan pembauran dengan masyarakat ini bisa menghasilkan hal baru di Kepri,” harap Nurdin sebelum menyerahkan SK kepada 66 orang tenaga PPL tesebut.

Selain itu, Nurdin juga meminta kepada Tenaga PPL dan masyarakat untuk mengubah pola pikir dari yang negatif kepada positif. Kepada yang biasa-biasa saja, yang monoton kepada pola pikir yang kreatif. Pola pikir kreatif, lanjutnya akan menggerakan perilaku yang kreatif dan aktif. Sehingga muncul jiwa-jiwa enterpreneur, jiwa pantang menyerah, jiwa gigih.

Menurut Nurdin, selama ini Pemerintah Kepri sangat menaruh perhatian khusus untuk masyarakat nelaya. Sudah banyak bantuan-bantuan yang dikucurkan agar bidang perikanan dan kelautan di Kepri bisa mengangkat taraf kesejahteraan masyarakat nelayan.

Bantuan-bantuan itu tidak hanya dalam bentuk dana segar, tetapi juga peralatan-peralatan dan segala kebutuhan masyarakat nelayan. Hanya saja, tutur Nurdin bantuan pemerintah tersebut belum menghasilkan perubahan yang berarti. Hal itu dikarenakan pola pikir masyarakat yang belum berubah ke arah yang lebih baik.

Bantuan terbaru untuk nelayan adalah mesin konversi lengkap sebanyak 4.500 unit mesin. Tahun 2017 ini untuk tahap awal akan diberikan 1000 unit mesin lengkap dengan baling-baling kepada nelayan di Kepri.

“Pak Kadis saya perintahkan nanti untuk memberikan reward kepada tenaga PPL ini yang bisa melahirkan penemuan baru. Kasih beasiswa untuk melanjutkan kuliah atau diangkat jadi pegawai,” kata Gubernur yang mengatakan sangat senang dan bahagia berada di tengah-tengah masyarakat nelayan ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Eddy Sofyan mengatakan tugas tenaga PPL ini nantinya adalah membuat rencana kegiatan penyuluhan, membimbing nelayan dan pelaku usaha dalam merencanakan kegiatan usaha perikanan dalam bidang teknologi dan manajemen usaha, melakukan kerjasama dengan perbankan, serta menggumpulkan dan melaporkan data hasil binaannya terkait budidaya perikanan, perikanan tangkap dan pengelolaan serta mendata masyarakat nelayan dan pelaku usaha. (bni)

Update