batampos.co.id – Arus penumpang yang hilir mudik dari Tanjungpinang-Batam di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) mengalami kenaikan 10 persen. Kenaikan itu dipicu dari banyaknya pegawai pemerintahan dan karyawan swasta menikmati liburan berkenaan perayaan Hari Buruh Sedunia (May Day).

“Dampak dari May Day di Pelabuhan SBP sangat siginifikan. Keberangkatan dari Tanjungpinang-Batam dan sebaliknya hanya naik10 persen saja dari hari biasanya,” ujar Kepala Pos Pelabuhan Domestik SBP, Sutoyo ketika dikonfirmasi, Senin (1/5).

Armada kapal yang melayani jasa keberangkatan domestik, kata Sutoyo sebanyak 39 trip pulang dan pergi (pp) dalam sehari. Diantaranya rute Tanjungpinang-Batam dilayani 34 trip pp yaitu berasal dari jasa Armada Oceana 21 trip pp dan Marina Expres 12 trip pp. Sedangkan rute Tanjungbatu, Senayang, Daik Lingga, Tanjungbalai Karimun, Sungai Tanam, Dabo Singkep, dan Anambas sebanyak enam trip pp dalam sehari.

Dari total trip pp yang diberlakukan, lanjut Sutoyo jumlah penumpang yang menggunakan berbagai jasa armada kapal tersebut mencapai 3000-3500 orang dalam sehari. Dikarenakan 1 Mei ini berkenaan peringatan Hari May Day dan libur, sambung Sutoyo jumlah penumpang mengalami kenaik sebanyak 10 persen atau mencapai 4000-4500 orang dalam sehari.

“Kenaikan 10 persen itu berasal dari penumpang tujuan Tanjungpinang-Batam dan sebaliknya. Sedangkan antar pulau tidak mengalami kenaikan,” bebernya.

Ditanya pengaruh aktivitas pelayaran akibat cuaca hujan, Sutoyo mengaku sampai detik ini seluruh armada masih beroperasi seperti biasanya. Namun jika diketahui secara tiba-tiba terjadi cuaca buruk dan jarak pandang tidak memungkinkan. Maka pihaknya akan menunda pelayaran untuk sementara waktu.

“Aktivitas pelayaran masih normal dan lancar. Tapi jika secara mendadak cuaca buruk melanda, maka kita terpaksa menunda keberangkatan sampai dipastikan aman,” sebutnya.

Sementara itu, Salah seorang penumpang asal Batam, Novia mengaku dirinya baru tiba di Pelabuhan SBP ini. Keberadaannya disini untuk menikmati liburan sehari penuh ke Tanjungpinang dan Bintan.

“Kami mau nikmati liburan sama teman. Pastinya mau cobain kuliner dan tempat wisata di Tanjungpinang dan Bintan,” katanya.

Ditanya keasikan menikmati liburan ke Tanjungpinang dan Bintan, janda dua anak ini mengatakan kedua daerah tersebut banyak menyuguhkan kuliner dan wisata. Sehingga menjadi lokasi kunjungan yang paling asik ketimbang di Batam.

Untuk Tanjungpinang, kata Novia banyak menyuguhkan berbagai menu kuliner yang membuat lidahnya selalu penasaran. Karena selalu ingin mencoba dan terus mencoba seluruh hidangan di setiap rumah makan dan restoran.

Kemudian di Bintan, lanjut Novia pastinya lokasi wisatanya. Keindahan pantai, pasir putih dan hutan mangrovenya memang menajubkan dan tiadantara. Apalagi di Kawasan Pariwisata Lagoi, lokasinya sangat indah bahkan membuat pengunjung sepertinya selalu ingin berada disana selamanya.

“Semua pengunjung pasti ingin ke Lagoi. Karena lokasinya sangat menajubkan dan membuat diri serasa nyaman. Makanya kami datang kesana,” ungkapnya. (ary)