Jumat, 19 April 2024

Apri : BUMdes Harus Jadi Sentra Lokomotif

Berita Terkait

Apri Sujadi. F.batampos.

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi menginginkan agar Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) menjadi sentra lokomotif untuk mengembangkan perekonomian di setiap desa.

Seperti unit usaha pasar yang dikelola secara bersama melalui BUMdes Bersama di Kecamatan Tambelan yang diberi nama BUMdes Kandil Bahar.

“Hendaknya BUMDes ini bisa mendorong sektor ekonomi kreatif masyarakat dalam usaha peningkatan sektor ekonomi secara bersama-sama,” ungkap

Apri, saat meresmikan Pasar Desa belum lama ini di Kecamatan Tambelan. Apri juga mengharapkan, agar pasar yang dibangun dan dikelola kedepannya dapat menjadi sumber komoditi bagi kemajuan masyarakat desa dan juga daerah Tambelan.

“Ini merupakan sebuah upaya dari pemerintah daerah untuk mendorong  sektor ekonomi kreatif masyarakat. Saya menginginkan agar BUMdes disetiap desa hendaknya bisa dioptimalkan menjadi sentra lokomotif dalam merangsang pelaku ekonomi. Sebab pasar merupakan tempat titik awal tumbuh dan berkembangnya sektor ekonomi,” jelas politisi partai Demokrat ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan, Ronny Kartika mengatakan terkait pengoperasian dan pengembangan BUMdes Bersama Kandil Bahar, untuk tahap pertama akan disertakan modalnya berkisar Rp 30 juta sampai Rp 50 juta dari setiap desa.

“BUMdes Bersama Kandil Bahar ini di bentuk dari pengelolaan 7 desa yaitu Desa Batu Lepuk, Desa Kampung Melayu, Desa Kampung Hilir, Desa Kukup, Desa Pulau Mentebung, Desa Pulau Pinang, serta Desa Pulau Pengikik. Kami harapkan kedepannya ini akan mampu menjadi sentra perekonomian di Kecamatan Tambelan,” katanya saat ditemui di Kantor PMD Kabupaten Bintan, Bandar Sri Bentan, Selasa (2/5).

Sementara itu, Kabid Pengembangan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Zamir Ambiya A Razak menambahkan bahwa target Pemkab Bintan, melalui Dinas PMD akan terus mendorong setiap desa, agar memiliki dan mengembangkan sumber potensi desa yang ada.

“Kami sedang mengkaji dan melihat potensi setiap desa di Kabupaten Bintan. Ada 4 jenis klasifikasi BUMdes yang bisa kita arahkan dalam pengembangan dan kemajuan setiap sektor ekonomi desa. Dan itu akan kita sesuaikan dengan potensi di setiap desa,” imbuhnya. (cr20)

Update