Jumat, 29 Maret 2024

Dinas PMD Gelar Lomba Inovasi TTG

Berita Terkait

Salah satu pelajar peserta TTG memaparkan hasil karya TTG nya dihadapan juri, Rabu (3/5). F. Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Karimun, Rabu (3/5), mengadakan lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) ke- IV se Kabupaten Karimun yang diikuti 20 peserta dari tingkat SMA/Sederajat dan umum. Kepala Dinas DPMD Karimun Suwedi memaparkan, melalui lomba inovasi teknologi tepat guna kita optimalkan potensi sumber daya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

”Kita berikan kesempatan kepada para pelajar maupun generasi muda pada umumnya, untuk memanfaatkan teknologi yang ada supaya tepat guna. Yang pada akhirnya, dapat memasyarakatkan teknologi untuk menumbuhkan budaya entrepreneur dan wirausaha,” ungkapnya.

Dengan demikian, diharapkan kedepan bisa memotivasi masyarakat dan generasi muda untuk mampu menciptakan kreativitas ide-ide baru teknologi sederhana yang sangat membantu pengembangan ekonomi masyarakat itu sendiri. Sehingga, bisa tepat sasaran yang diharapkan terutama bagi kalangan pelajar untuk memanfaatkan bahan-bahan di sekitarnya bisa dijadikan teknologi tepat guna.

”Nah, bagi pelajar ketika hasil karyanya dapat dimanfaatkan masyarakat. Ini berarti memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah dalam pengembangan teknologi tepat guna,” tuturnya.

Lanjut Suwedi lagi, peserta yang mendaftar beberapa waktu lalu ada 38 peserta yang berasal dari 9 kecamatan. Namun, setelah dilakukan verifikasi hanya 20 peserta saja yang pasti ikut dengan juri dihadirkan sebanyak 3 orang. Sedangkan, hadiah bagi pemenang diberikan juara pertama Rp5 Juta, juara kedua Rp4 Juta, juara ketiga Rp3 Juta dan juara harapan satu, kedua dan tiga masing-masing mendapatkan Rp500 ribu.

”Kegiatan ini dua hari dilaksanakan, dengan memaparkan hasil karyanya dan apa saja manfaat alat tersebut kepada tim juri,” jelasnya.

Sementara Asisten I Setkab Karimun Muhammad Tang mengatakan, peserta yang menjadi juara nantinya dapat mewakili kabupaten Karimun dalam lomba teknologi tepat guna tingkat Nasional di Sulawesi Tengah. Sehingga, hasil karya teknologi tepat guna bisa meningkatkan produktivitas kesejahteraan masyarakat.

”Pemkab Karimun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai fasilitator untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak muda. Pemanfaatan teknologi menjadi alat yang tepat guna,” singkatnya. (tri)

Update