Lalulintas di Kota Batam.
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Jajaran Sat Lantas Polresta Barelang akan menggelar Operasi Patuh Seligi 2017 selama 14 hari di sejumlah titik di Kota Batam. Operasi Seligi itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas.

“Operasi ini akan kita mulai pada tanggal 9 Mei mendatang, sampai pada tanggal 22 Mei. Sandinya Operasi Simpatik Seligi 2017” ujar Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Andar Sibarani, Rabu (3/5) siang.

Dijelaskan Andar, bentuk operasi itu akan lebih mengedapankan upaya peventif dan sosialisasi Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan kepada seluruh masyarakat Batam. Selain itu, operasi ini juga untuk memberikan pemahaman e-Tilang.

“Dalam operasi itu, kita akan lebih mengedepankan sanksi teguran yang bersifat himbauan kepada pengendara yang melanggar hukum,” katanya.

Andar menambahkan, Operasi Patuh Seligi 2017 ini juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, kesadaran akan tertib lalu lintas dinilai masih kurang disadari oleh masyarakat Kota Batam. Kurangnya kesadaran masyarakat akan keselamatan di jalan, terbukti dari data jajaran Sat Lantas yang telah menilang 200 lebih pengguna jalan selama 14 hari.

“Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat pengguna jalan agar melengkapi kelengkapan administrasi maupun kendaraan. Cek kondisi kendaraan, serta patuhi aturan tata tertib dalam berlalu lintas,” ucapnya. (cr1)