Kamis, 28 Maret 2024

Bawang Putih dan Sawi Naik Dua Kali Lipat

Berita Terkait

batampos.co.id – Harga bawang putih dan sawi selama tiga minggu terakhir mengalami kenaikan hingga dua kali lipat di Pasar Penuin, Lubukbaja, Selasa (9/5).

Bawang putih Jawa naik dari Rp 38 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilo. Sementara itu, sawi juga mengalami kenaikan serupa dari Rp 14 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilonya.

Pedagang sayur, Bejo mengatakan kenaikan ini dipicu karena stok bawang putih dari Jawa yang mengalami penurunan.

“Kalau sawi jelas faktor cuaca buruk bikin petani lokal kita merugi, hingga stoknya pun menipis di pasaran,” kata Bejo.

Pria asal Jawa Timur ini melanjutkan sawi yang mudah busuk juga menjadi faktor pemicu lainnya.

“Begitu kita terima, karena terkena hujan jadi lebih cepat busuk,” ujarnya.

Sementara itu, harga ayam segar juga mengalami kenaikan dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu. Berbeda, kenaikan ini disebabkan oleh sepinya pembeli sejak dua minggu lalu.

“Dua minggu lalu sepi sekali pembeli, jadi agen kita mengurangi pasokan ke pasar. Akibatnya harga saat ini naik,” kata Pedagang Ayam, Yudi.

Dia melanjutkan berbeda dengan ayam beku yang bisa menjual ayam bekunya beberapa hari. “Kalau ayam segar ini, dipotong hari ini harus segera laku, jadi terpaksa agen mengurangi pasokan dulu agar tidak rugi,” jelasnya.

Pengurangan daya beli masyarakat ini terlihat dari jumlah ayam segar yang terjual tiap harinya. “Kalau normalnya laku hingga 15-20 kilo per hari, kalau sudah sepi tidak sampai 10 kilo per harinya,” sebutnya.

Harga sayuran lain di Pasar Penuin yang masih normal adalah bawang merah Jawa Rp 28 ribu, cabai merah Rp 40 ribu, cabai rawit hijau Rp 40 ribu, cabai setan Rp 80 ribu, kentang Rp 15 ribu, wortel Rp 16 ribu, tomat Rp 16-18 ribu per kilonya. (cr18)

Update