Kamis, 28 Maret 2024

Operasi Patuh Mengutamakan Penindakan

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian membuka apel Operasi Patuh 2017, Selasa (9/5) di Mapolda Kepri. Operasi Patuh ini, sangat berbeda dengan Operasi Simpatik yang telah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu.

Operasi Simpatik pihak kepolisian lebih mengedepankan edukasi tanpa menilang.

“Tapi kali ini tidak lagi, lebih ke langkah preventif dengan cara represif. Tindakan tegas yang dilakukan seperti penilangan,” kata Irjen Pol Sam Budigusdian.

Ini dilaksanakan untuk melakukan pengamanan sebelum masuknya Ramadan. Tak hanya itu, operasi ini dilakukan setelah Mabes Polri melihat adanya grafik peningkatan kasus kecelakaan lalulintas. Sehingga penindakan tegas dilakukan, agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

“Ada kenaikan sebesar 5 persen, sehingga perlu dilakukan operasi ini,” tuturnya.

Mengenai penerapan operasi ini, Sam mengatakan kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam kegiatan ini agar selalu mengekedapankan polisi yang humanis. Walau melakukan tindakan tegas, kata Sam pihak kepolisian haruslah melakukan 3 S.

“Senyum, sapa dan salam,” ungkapnya

Hal ini dilakukan, agar menghilangkan kesan negatif di masyarakat yang selama ini melekat pada saat operasi. Ia mengatakan bila ada masyarakat yang dimintai pungli atas penindakan selama operasi patuh.

“Laporkan saja ke Propam Polda Kepri, Propam Polresta dan Polres. Dan akan ditindaklanjuti dengan tegas,” tuturnya.

Mengenai pungli ini, Sam mengingatkan kepada jajarannya untuk tak melakukan perbuatan yang tak terpuji ini.

“Saat operasi jangan menimbulkan atau bertindak yang menciderai instansi Polri. Bertindaklah sesuai dengan aturan yang ada,” ungkapnya.

Ia mengatakan operasi ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia. Dimana akan dilakukan mulai 9 hingga 22 Mei.

“Selama 14 hari,” tuturnya.

Sam mengatakan ada beberapa tujuan yang disasar yakni meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, turunnya angka lakalantas, berkurangnya titik kemacetan dan terwujudnya situasi serta kondisi kamseltibcar. (ska)

Update