Jumat, 19 April 2024

10 Ribu Gas Siap Didistribusikan 

Berita Terkait

batampos.co.id – Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Disperindagkop Kabupaten Bintan, Setia Kurniawan mengatakan penyaluran tabung Bright gas 5,5 Kg yang resmi diluncurkan Pertamina beberapa waktu lalu, kini sudah mulai berjalan di Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang.
Berdasarkan data yang dimiliki ada sebanyak 10 ribu tabung gas yang siap di distribusikan di masing-masing pangkalan yang ada di Kabupaten Bintan, dan Tanjungpinang.
“Tahap awal ini pertamina menyediakan 10 ribu tabung yang siap disebar untuk dua wilayah. Dan sudah berada di SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji) Tanjunguban,” jelas Setia, Rabu (10/5).
Ia mengatakan untuk penyebaran tabung gas non subsidi ini masih dalam proses sosialisasi, dan belum dilakukan secara keseluruhan.
“Sudah ada yang disebarkan, tapi paling banyak di Tanjungpinang. Sebab ini masih disosialisasikan lagi. Namanya juga gas non subsidi, otomatis harganya tidak sama murahnya dengan gas yang disubsidi. Jadi tergantung dari pangkalan apakah mau ngambil atau tidak,” kata Setia.
Untuk harga, lanjutnya gas berwarna pink ini dibandrol dengan harga berkisar Rp 70 ribu, pertabungnya.
“Harganya lumayan besar. Sesuai lah dari sisi kualitasnya yang lebih menjamin keamanan, serta kemasannya juga lebih menarik,” ungkapnya.
Setia menjelaskan meskipun penyaluran Bright gas ini mulai berjalan, namun hal ini tidak berpengaruh terhadap gas subsidi ukuran 3 kg, sebab masing-masing gas ini memiliki peruntukkan yang berbeda.
“Gas yang disubsidi pemerintah tetap tidak berubah, masih tetap berjalan normal seperti biasanya. Sedangkan gas 5,5 kg ini lebih ditargetkan untuk kelas menengah ke atas, karena memiliki harga yang standar tanpa pengurangan seperti yang disubsidi,” ujarnya.
“Mudah-mudahan setelah di sosialiasasikan nanti, penyaluran gas ini bisa berjalan lancar. Apabila jumlah kurang, tentunya akan ada penambahan. Tergantung dari pengajuan yang dibutuhkan,” jelas Setia. (cr20)

Update