Jumat, 29 Maret 2024

Ekonomi Digital Harus Dikembangkan di Batam

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Sektor ekonomi berbasis informasi dan teknologi (IT) atau ekonomi digital merupakan alternatif baru untuk diterapkan di Batam. Tidak seperti sektor ekonomi berbasis industri yang terpengaruh kelesuan ekonomi global, ekonomi digital hanya membutuhkan jaringan internet yang kuat.

“Kita harus bangun industri berbasis ekonomi digital di Batam. Karena banyak industri digital yang bisa ditarik ke Batam nantinya,” kata taipan bisnis asal Batam, Kris Wiluan, Kamis (11/5).

Ia mencontohkan banyak perusahaan asing yang bergerak di bidang ekonomi digital, seperti Apple, Amazon, dan lainnya. Mereka mengembangkan e-commerce, sebuah sistem jual beli melalui dunia maya. Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kantor di Singapura yang berdekatan dengan Batam. Peluang seperti ini harus dimanfaatkan.

“Presiden Jokowi berharap e-commerce bisa dikembangkan. Dan wujud dari pengembangan itu akan melahirkan digital entrepreneur,” tambahnya.

Ekonomi digital sangat berpusat pada kreativitas para pelakunya. Makanya Kris memulai langkah awal dengan bekerjasama dengan Politeknik Batam menggelar perlombaan coding yang diikuti ratusan anak muda khususnya dari Batam.

Tujuannya adalah menciptakan sumber daya manusia yang kreatif dan andal menggunakan teknologi menjadi laba keuntungan.”SDM digital itu sangat diunggulkan. Apalagi kita dekat dengan hub konektivitas jaringan internet dunia. Kita harus bisa manfaatkan,” katanya lagi.

Ia kemudian mengatakan saat ini Batam tidak bisa bergantung lagi pada industri berat seperti manufaktur atau galangan kapal. Industri-industri tersebut sangat bergantung dengan keadaan ekonomi dunia. Dan saat ini keadaan masih tetap sana, sehingga memerlukan sektor industri baru.

Negara-negara maju seperti Jepang sangat mengandalkan sektor ekonomi digital, karena negaranya tidak diberkahi oleh sumber daya alam yang melimpah. Sehingga mendayagunakan masyarakatnya untuk memajukan ekonomi dan terbukti berhasil.

Lagipula persaingan antara negara dalam menarik minat investor asing sangat solid saat ini.”Industri yang mengandalkan tenaga kerja yang melimpat seperti manufaktur, ketika negara sebelah memberikan tarif lebih murah, maka kemungkinan mereka akan pindah,” tambahnya.

Sedangkan ekonomi digital tidak mengenal hal tersebut. Banyak sektor yang bisa digarap lewat kecanggihan dunia maya. Kris saat ini punya Studio Kinema di Nongsa yang kerap memproduksi film-film kelas dunia. Dan bahkan dalam waktu dekat, taipan ini akan membuka lagi industri digital di Batam. Sehingga ia pun mempersiapkan SDM digital yang andal mulai sekarang.

“Makanya ketika suatu saat industri digital datang ke Batam. Kita sudah siap,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putera juga mendukung langkah pengembangan ekonomi digital ini. Menurutnya pertumbuhan ekonomi digital saat ini sangatlah pesat.

“Contohnya usaha Go-Jek. Sangat efisien. Karena mendorong perputaran uang lebih cepat,” jelasnya.

Untuk mendukung pengembangan ekonomi digital, BI telah membentuk divisi finansial teknologi.

“Kita tidak bisa menahan perkembangannya. Meskipun begitu, kita harus tetap mengawal dan memantaunya,” tambahnya.

Penerapan teknologi untuk memudahkan transaksi pembayaran sebenarnya sudah dimulai BI dengan meluncurkan gerakan non tunai.”Peran ekonomi digital akan semakin kuat karena sudah ditopang oleh gerakan non tunai,” jelasnya.

Badan Pengusahaan (BP) Batam juga mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Batam. Lembaga yang mengelola investasi ini memasukkan industri berbasis IT sebagai salah satu industri baru yang harus dikembangkan di Batam.

“Kami terus melakukan strategi promosi yang terarah dengan pemberdayaan industri yang sudah ada dan mengembangkan industri yang berpotensi,” jelas Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono.

Salah satu investor asing yang memanfaatkan teknologi informasi yang sudah masuk ke Batam adalah Blackmagic Design Manufacturing asal Australia. Perusahaan ini memproduksi perlengkapan video dan broadcast. Nilai investasinya capai 4 juta Dolar Amerika dan masuk menggunakan fasilitas Izin Investasi 3 Jam (i23J).

“Industri berbasis IT merupakan industri high technology, BP Batam sangat mendukung pertumbuhannya di Batam,” katanya.

Jika dirunut kembali ke belakang saat tarif UWTO berdasarkan Peraturan Kepala (Perka) Nomor 19 Tahun 2016 masih berlaku, tarif industri berteknologi tinggi memang lebih murah dibanding industri berat. (leo)

Update