Jumat, 29 Maret 2024

Jelang Ramadan, Karimun Diserbu Pengemis

Berita Terkait

batampos.co.id – Jumlah pengemis di Karimun, meningkat terus meningkat. Diperkirakan jumlahnya bertambah banyak menjelang Ramadan. Tingginya angka pengemis di Bumi Berazam diakui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun Panji Sasmita.

“Seperti tahun sebelumnya, menjelang Ramadan akan banyak pengemis dan peminta sumbangan keliling yang masuk ke Karimun. Kebanyakan mereka datang dari luar pulau Karimun melakukan aktivitas minta sumbangan ke rumah-rumah,” ungkap Panji Sasmita, Rabu (10/5) lalu.

Panji meminta kepada masyarkat untuk peran aktif memberikan informasi terkait keberadaan pengemis maupun peminta sumbangan keliling. Sehingga masalah yang tidak diinginkan dapat diantisipasi sejak awal.

“Kita mengupayakan agar jumlah pengemis dan peminta sumbangan keliling tidak sampai menjamur, terutama menjelang Ramadan. Karena sudah banyak kegiatan dari Dinas Sosial untuk melakukan pembinaan dan pembekalan terhadap mereka. Harapannya, mereka tidak lagi turun ke jalan meminta sumbangan keliling apalagi sampai mengemis,” tutur Panji.

Terkait banyaknya orang gila yang berkeliaran di Tanjungbatu, Panji Sasmita mengaku akan berkoordinasi dengan camat setempat. Upaya pembinaan dan penyembuhan sejumlah orang gila dan kurang waras pun sudah pernah dilakukan. Kendalanya setelah masa pembinaan selesai justeru mereka akan kembali berkeliaran.

“Yang pasti, kita akan lalukan pembinaan lebih baik lagi,” janji Panji Sasmita.

Pantauan di lapangan, di Tanjungbatu terdapat sejumlah warga kurang waras berkeliaran di tengah masyarakat. Biasanya mereka berada di jalan dan tempat keramaian, meskipun tidak mengganggu namun sejumlah warga merasa kasihan. Diharapkan nasib orang gila dan warga kurang waras mendapat perhatian penuh dari pemerintah maupun dinas terkait. (ims)

Update