Kamis, 25 April 2024

Lithograph Krakatau pada Satu Scene Transformers

Berita Terkait

Film Transformers: The Last Knigth digadang-gadang akan menjadi box office, seperti seri sebelumnya.

Ada yang menarik dalam trailer yang diunggah di youtube. Ada sebuah litograph atau gambar pada lembaran logam yang menunjukkan letusan Krakatau. Lithograph itu juga dipajang di laman Wikipedia untuk pencarian dengan kata kunci Krakatoa ataupun Krakatau.

Tapi dalam salah satu scene Transformers, litograph tentang letusan Krakatau dimontase dengan penampakan robot raksasa. Ada robot berukuran besar yang berdiri di samping kepulan asap Krakatau.

Krakatau memang sekelebat saja muncul dalam film itu. Namun, setidaknya sutradara Michal Bay yang menggarap Transformers: The Last Knigth menempatkan letusan Krakatau sebagai salah satu momen penting dalam sejarah dunia.

Karenanya trailer yang menampilkan aktor kondang Anthony Hopkins sebagai naratornya itu juga menunjukkan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah dunia. Michael Bay seolah hendak menebar pesan bahwa Transformers terlibat dalam peristiwa-peristiwa penting termasuk Perang Dunia II, kiprah Nazi hingga menjadi saksi bagi letusan Krakatau pada 26-27 Agustus 1883.

Krakatau mulai menunjukkan aktivitasnya pada 26 Agustus 1883 sore. Tapi puncak letusan dahsyatnya pada 27 Agustus 1883 yang meluluhlantakkan pulau-pulau di sekitarnya.

Letusan Krakatau merupakan salah satu bencana alam paling mematikan dan berdaya rusak luar biasa yang pernah terekam sejarah. Suara letusannya terdengar hingga Jakarta yang kala itu masih bernama New Batavia.

Letusannya memicu tsunami dan mengakibatkan lebih dari 36 ribu jiwa meninnggal dunia. Yang tak kalah dahsyat, letusan Krakatau juga memengaruhi iklim dunia.

Abu hasil letusan Krakatau yang memenuhi atmosfer membuat dunia menjadi lebih gelap. Suhu di dunia menjadi lebih dingin.

Berbagai ulasan tentang Krakatau pun sudah bisa ditemukan dalam beragam bentuk. Ada dalam bentuk buku seperti Krakatoa: The Day the World Exploded karya Simon Winchester, atau ada pula dalam bentuk video buatan National Geographic dan Discovery Channel.

Menpar Arief Yahya menyebut Krakatau adalah salah satu gunung bawah laut yang menjadi kekuatan Banten dan Lampung. Berada di Selat Sunda dan memiliki keindahan alam dan fenomena bawah laut yang khas.

“Nama Krakatau itu sendiri bisa menjadi satu kekuatan bagi destinasi Tanjung Lesung Banten,” kata dia. (*)

Update