Jumat, 29 Maret 2024

Kesadaran Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Masih Kurang

Berita Terkait

Lalulintas di Kota Batam.
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Kesadaran masyarakat Kota Batam dalam tertib berlalu lintas, masih dinilai kurang. Hal itu ditandai banyaknya pelanggaran yang terjadi di jalan raya, terutama yang enggan menggunakan helm maupun kelengkapan kendaraan bermotor seperti kaca spion. Selama lima hari terakhir, jajaran Sat Lantas Polresta Barelang telah mencatat sebanyak 249 pelanggaran.

Wakasat Lantas Polresta Barelang AKP Toni Rido mengaku bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat. Tidak hanya sosialisasi, tetapi juga dilakukan operasi tanpa adanya penindakan (tilang). Namun, upaya yang dilakukan tetap saja tidak memberikan perubahan berarti bagi masyarakat ketika berkendara.

“Jumlah pelanggaran selama Operasi Patuh 2017 ini telah tercatat sebanyak 249 pelanggaran. Atau jika dikalkulasikan rata-rata 50 pelanggaran perharinya. Jumlah ini masih tergolong tinggi,” katanya, Minggu (14/5) siang.

Toni juga menggambarkan pentingnya bagi pengendara sepeda motor agar memakai helm dan melengkapi kelengkapan kendaraan mereka, selain menaati aturan lalu lintas, tentunya dengan memakai helm dan melengkapi kendaraan mereka dapat menyelamatkan diri ketika terjadinya kecelakaan di jalan raya.

“Selama lima hari ini, telah tercatat kecelakaan lalu lintas sebanyak lima kasus. Dari lima kasus itu, dua orang meninggal dunia, dan tujuh orang mengalami luka ringan. Dari lima kasus kecelakaan itu, kerugian materilnya sebesar Rp. 33 juta,” jelasnya.

Toni menambahkan, jajaran Sat Lantas akan melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas. Penindakan ini akan dilakukan setiap hari sampai dengan Operasi Seligi 2017 berakhir tanggal 22 Mei 2017 mendatang. Dalam operasi seligi 2017 ini, polisi lebih mengedepankan upaya penindakan.

“Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat pengguna jalan agar melengkapi kelengkapan administrasi maupun kendaraan. Cek kondisi kendaraan, serta patuhi aturan tata tertib dalam berlalu lintas,” ucapnya. (cr1)

Update