Anggota TNI sedang menaiki kendaraan militer TNI berupa tank amfibi yang berjalan di laut saat gelar latihan perang di Natuna beberapa waktu lalu. F. Aulia Rahman/batampos.

batampos.co.id – Deru pesawat tempur milik TNI AU sejak beberapa hari terakhir mulai berseliwuran dilangit pulau Natuna. Intensitas semakin meningkat, ditambah jejeran kapal perang milik TNI Angkatan Laut merapat tidak jauh dari pesisir pantai di Ranai.

Sementara didarat, iringan kendaraan angkut dan tempur TNI Angkatan Darat terlihat sering beriringan melintas jalan raya di Ranai yang tidak begitu lebar. Pergeseran pasukan dan alutsista TNI dalam latihan pasukan pemukul reaksi cepat (PPRC) sudah dimulai.

“Kapal perang yang merapat di laut Natuna untuk persiapan PPRC,” sebut Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Tony Hardijanto kemarin.

Sementar Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana mengatakan, latihan PPRC kali ini melibatkan tiga unsur, baik TNI AU, TNI AL dan TNI AD. Dan latihan puncak dipusatkan di Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara.

Dikatakan Dandim, dalam latihan puncak gabungan PPRC di Natuna. Direncakan akan dibuka oleh Presiden Joko widodo pada Jumat (19/5) pekan ini di Desa Teluk Buton. Berbagai persiapan sudah dilaksanakan, tinggal pelaksanaan kegiatan puncak.

“Rencananya pak presiden akan hadir membuka kegiatan puncak PPRC ini. Gladi latihan sudah dimulai sekarang, dan ribiuan personil dilibatkan,” ujar Dandim.(arn)