Kamis, 25 April 2024

Waspada Angin Kencang di Akhir Pekan

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprakirakan, sepanjang akhir pekan ini masih terjadi hujan lokal yang bisa saja disertai angin kencang. Prakirawan BMKG Tanjungpnang, Bhakti Wira Kusuma menjelaskan, hujan lokal itu akan berlangsung secara berbeda di tiap-tiap tempat di Tanjungpinang.

“Belum tentu semua daerah diguyur hujan lokal. Karena sifatnya hujan lokal ini bergantian,” katanya, kemarin.

Selain itu, sambung Bhakti, sifat hujan lokal di Tanjungpinang ini diprediksi belum memberikan imbas pada kemunculan cuaca ekstrem. “Meski peluangnya setiap hari bakal ada hujan lokal, tapi belum ada potensi cuaca ekstrem,” jelasnya. Karena sifatnya yang lokal, hujan ini diprediksi tak berlangsung lama. Hanya berkisar antara 15-30 menit.

Bhakti melanjutkan, hujan lokal di Tanjungpinang ini menjadi indikasi jelang masuknya musim peralihan, dari musim kering ke musim penghujan. Diperkirakan, kata Bhakti, terhitung Mei ini wilayah Tanjungpinang baru akan memasuki musim basah dengan curah hujan berintensitas tinggi. “Berdasarkan isu perairan yang ada di Kepri yang sudah mulai menghangat,” kata Bhakti.

BMKG Tanjungpinang juga mencatat, kecepatan angin di bulan Mei ini diperkirakan mencapai 30 kilomter per jam. Sedangkan suhu udara Tanjungpinang berkisar antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 65-95 persen.

“Masih ada hujan lokal dan berawan di sepanjang akhir pekan ini. Aktivitas laut tetap harus berhati-hati karena bisa saja muncul angin kencang tiba-tiba,” pungkas Bhakti. (aya)

Update