Suasana stan pameran pada Pekan Industri Kreatif di TCC Mal, Tanjungpinang pada akhir pekan kemarin. F.Fara/batampos.

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepulauan Riau menggelar Pekan Industri Ekonomi Kreatif (Pinekraf) 2017 di Mal Tanjungpinang City Center, selama akhir pekan kemarin.

“Selain ajang silaturahim, pameran ini juga supaya teman-teman yang membangun usaha melalui rintisan ekonomi kreatif ini bisa saling bertukar gagasan kreativitas,” kata Raja Rasfiardi, panitia pelaksana Pinekraf 2017, kemarin.

Sekurang-kurangnya ada 27 stan industri kreatif yang dibuka sejak pagi hingga malam. Macam-macam produk kreatif yang dipamerkan di sana. Ada di bidang videografi, fotografi, penerbitan, cenderamata, kaus, aksesoris, sampai produk kreatif semacam lukisan maupun pernak-pernik hiasan di rumah.

Rasfiardi menambahkan, agar lebih seru, pada pameran ini turut digelar pula sejumlah diskusi berbagi pengalaman dari beberapa tokoh yang diakui punya pengalaman sukses membangun ekonomi kreatif. Hal ini yang menjadikan pameran ini buka sekadar lapak unjuk produk, tapi juga memacu semangat bersama para pelaku usaha agar terus meningkatkan kreativitasnya.

“Kami juga mendatangkan pembicara dari luar daerah. Sebab dalam menggelar acara ini juga didukung dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI,” ujarnya.

Kehadiran puluhan stan itu sontak menjadi daya minat tersendiri bagi para pengunjung mal pada akhir pekan kemarin. Sebagian besar dari mereka mengharapkan ajang-ajang serupa lebih sering lagi digelar. “Saya kan jadi tahu rupanya industri kreatif turut berkembang di Tanjungpinang,” kata Imam, seorang pengunjung. (aya)