Warga Desa Teluk Buton berebut salaman dan selfie saat kehadiran presiden Joko Widodo dalam latihan puncak latihan PPRC di Natuna, Jumat (19/5). F. Aulia Rahman/batampos.

batampos.co.id – Puluhan kepala keluarga di Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara Natuna, sudah bisa kembali ke rumah masing-masing, setelah latihan puncak Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) usai digelar, Jumat (19/5).

Sebelumnya mereka diungsikan ke tenda pengungsian diarea aman di Desa Pengadah. Yang berjarak cukup jauh dari kawasan latihan. Dalam latihan PPRC tersebut, kawasan Teluk Buton dijadikan target operasi latihan militer.

Komandan Distrik Militer 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana mengatakan, warga yang diungsikan dalam situasi latihan PPRC sudah dipulangkan ke rumah masing-masing. Sementara dampak kerusakan pasca latihan pihaknya akan melakukan pendataan.

TNI katanya, sudah menyiapkan tim untuk melakukan pendataan atas kerusakaan materil pihak warga akibat terkena serpihan material amunisi alutsista yang dikerahkan dalam latihan PPRC. Dan kerusakan dipihak warga akan diganti.

Sementara di radius tertentu sambungnya, warga tidak diperbolehkanberada dititik tertentu. Karena masih dilakukan pembersihan ranjau darat yang ditanam disekitar latihan.

“Ranjaunya ada lokasinya, lokasi aman dari kawasan rumah penduduk. Sekarang sudah dilakukan penyisiran,” ujar Dandim.

Sementara Camat Bunguran Utara Izhar mengatakan, selama latihan ini warganya diungsikan dan sudah mendapat perhatian dari TNI. Dan diharapkan, setelah latihan ini warga juga tidak dirugikan. Karena setidaknya terdapat kerusakan dari dampak latihan.

“Kalau rumah warga, seperti belum tahu ada terkena serpihan materil atau tidak. Masih dilakukan pendataan. Saya harap, kalau ada kerusakan materil, bisa diganti kerugian warga,” sebut Izhar.

Latihan PPRC tahun 2017 dipusat di Tanjung Datuk Desa Teluk Buton Natuna. Latihan gabungan tiga matra TNI ini disaksikan Presiden Joko Widodo dan Panglima TNI dan sukses, meski menelan korban jiwa empat prajurit Yonarhanud I Pangkostrad dalam gladi latihan.

Ratusan warga setempat juga disediakan tenda untuk menyaksikan demostrasi keahlian berbagai satuan tempur dan alutsista TNI, baik di darat, di laut dan di udara. Warga perbatasan yang menanti kehadiran Presiden Joko Widodo berebut bersalaman dan ber selfie sebelum Presiden kembali ke Jakarta.(arn)