Kamis, 25 April 2024

Baznas Gelar Bimtek ke Petugas UPZ

Berita Terkait

Baznas Karimun saat menggelar bimtek kepada 70 petugas UPZ di aula Masjid Agung Karimun, Selasa (23/5). F Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun, melakukan bimbingan teknis terhadap 70 petugas Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Selasa (23/5).

Pada mimbingan teknis kali ini, menghadirkan narasumber dari Baznas Provinsi Kepri Cahyo dan Baznas Karimun Nasrial, selama satu hari di aula masjid Agung Karimun.

”Melalui bimtek inilah, para petugas UPZ bisa meningkatkan profesional dalam pengumpulan dana zakat, infaq dan sadaqah (ZIS) di setiap daerah. Sehingga, bisa membantu Pemerintah Daerah dalam pengentasan kemiskinan di bumi berazam ini,” kata Wakil Ketua Baznas Karimun Nasrial.

Puluhan petugas UPZ tersebut terdiri dari petugas UPZ kantor yang terdiri dari petugas UPZ kantor Pemerintahan Daerah maupun instansi vertikal seperti Kepolisian dan petugas UPZ masjid yang ada di Karimun.

Dengan demikian, ke depan para petugas UPZ dapat memberikan pelayanan terhadap Muzaki (orang yang berzakat-red). Artinya, para petugas tersebut bagaimana menarik para Muzaki lainnya untuk menyisihkan pendapatannya bisa berzakat, infaq maupun sedekah.

Sedangkan, Baznas Karimun dalam pengumpulan dana zakat pada tahun 2016 lalu sudah mencapai Rp 2,3 miliar lebih. Dan pada triwulan pertama di tahun 2017 ini sudah menyalurkan dana zakat sebanyak Rp 351 Juta lebih kepada para penerima zakat yang ada di kabupaten Karimun termasuk bantuan beasiswa pendidikan, bantuan insentif dan modal usaha.

”Kalau yang sudah rutin instansi Polres Karimun mereka setiap tahun berhasil mengumpulkan dana zakat rata-rata diatas seratus juta lebih,” ungkapnya.

Sementara Cahyo, Baznas Provinsi Kepri memberikan apreasiasi kepada Baznas Karimun yang telah berhasil mengumpulkan dana zakat melampaui target yang ditentukan oleh Baznas Provinsi. ” Ini bukti kesadaran masyarakat terhadap berzakat cukup tinggi di kabupaten Karimun,” ujar Cahyo. (tri)

Update