Jumat, 29 Maret 2024

BMKG Prediksi Bulan Puasa, Cuaca Panas

Berita Terkait

 

Awan gelap mengelilingi Coastal Area, diprediksi BMKG selama puasa cuaca panas. F. Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Karimun, memprediksi memasuki bulan suci Ramadan 1438 H, cuaca di seputar kabupaten Karimun memasuki musim kemarau. Artinya, selama bulan Juni mendatang cuaca cukup panas, namun cerah dan berawan yang kemungkinan tetap ada potensi untuk terjadinya hujan lokal.

”Sesuai dengan siklus tahunan, di bulan Juni sudah memasuki musim kemarau,” kata Observer BMKG Karimun Pande Nyoman Parwata, kemarin (24/5).

Sedangkan, prakiraan cuaca di awal puasa, besok masih ada potensi turunnya hujan ringan hingga lebat yang terjadi pada sore atau malam hari. Yang disertai petir, dikarenakan faktor kelembaban udara sehingga mendukung proses pertumbuhan banyak awan yang berdampak terjadinya hujan.

Dengan suhu rata-rata 25 hingga 32 derajat celcius, dengan kecepatan angin 30 kilometer per jam yang kelembabannya hanya 65 sampai 95 persen. Mengingat, beberapa hari ini terjadi perubahan musim dari hujan menjadi kemarau atau panas. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk meminum air mineral sebanyak mungkin, agar mencegah dehidrasi terhadap tubuh.

”Kalau puasa, usahakan mengurangi aktivitas diluar. Agar bisa melaksanakan ibadah puasa hingga berbuka puasa,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, cuaca di langit cukup gelap yang berakibat turunnya hujan secara lebat cukup lama. Namun, pada sore harinya cuaca kembali mendung dan tidak turun hujan.

”Alhamdulillah, hujan juga nih bang. Sebab, sudah beberapa hari lalu cuacanya cukup panas kali hingga malam hari,” ucap Rani salah seorang karyawan swasta. (tri)

Update