Jumat, 19 April 2024

Kemenag, Pantauan Hilal Dipusatkan di Tanjungpinggir

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkifili aka mengatakan pemanatauaan hilal untuk menetapkan puasa 1 Ramadan 1438 hijriah akan di pusatkan di Pantai Tanjungpinggir Sekupang, Jumat (26/5). Tim pemantau hilal sebelumnya sudah melakukan pertemuan terkait kegiatan pantauan hilal tersebut.

“Seperti tahun sebelumnya, Insha Allah rukyatul hilal akan kita laksanakan di sana (Tanjungpinggir, red), “kata Zulkifli, Kamis (25/5).

Dia menerangkan pemantauan hill akan dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan melibatkan beberapa organisasi masyarakat (ormas) masyarakat Islam. Hujan yang turun beberapa ini, diharapkan tidak menghalangi tim pemantau yang akan bekerja nantinya. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Badan Metreologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Batam.

Zulkifli menambahkan, selain Batam terdapat 76 titik di Indonesia yang akan menggelar kegiatan yang sama. Dia berharap penetapan awal Ramadan tahun ini bisa serentak. Sebelumnya, pihaknya tlah menerima informasi awal Ramadan dari ormas Muhammadyah.

“Mereka akan mulai puasa, Sabtu (27/5), sedangkan kita masih menunggu hasil sidang isbat yang rencananya akan dilaksanakan Jumat, (26/5),” terangnya.

Pria kelahiran Aceh ini mengimbau kepada penjual makanan dan seluruh umat beragaman di Batam bisa menghormati umat muslim yang menjalankan ibadah nanti.

“Berdagang boleh, tapi mungkin menggunakan penutup seperti tirai, hal ini untuk menghargai yang berpuasa,” imbau Zulkifli. (cr17)

Update