Rabu, 24 April 2024

Mudik, Pelni Siapkan 30 Ribu Tiket Kapal Laut

Berita Terkait

batampos.co.id – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam menyiapkan sedikitnya 30 ribu tiket mudik tujuan Belawan, Medan dan Tanjungperiuk, Jakarta.

Kepala Operasional PT Pelni cabang Batam, Toro mengatakan beberapa tiket sudah mulai terjual dan dipesan oleh pemudik. Untuk keberangkatan tanggal 13 dan 16 Juni sudah habis terjual, sedangkan 21 dan 23 Juni masih ada namun jumlahnya tidak banyak.

“Hanya tinggal yang dispensasi saja, kalau seat normal sudah habis,” kata pria yang baru dua bulan menjabat ini.

Toro menjelaskan kuota KM Kelud normalnya sebanyak 1.906 penumpang setelah ditambah dispensasi jumlahnya menjadi tiga ribu penumpang, sedangkan Umsini berkapasitas 1.721 penumpang.

“Jadi penumpang yang belum memiliki tiket, secepatnya membeli tiket sebelum kehabisan,” ujarnya.

Selain itu, penumpang juga bisa memesan tiket melalui website resmi Pelni.co.id, dan BRI dan retail moderen lainnya. Untuk memudahkan, penumpang cukup membawa bukti pembayaran saat check in nanti.

“Nanti di pelabuhan kami tukarkan dengan tiket keberangkatan,” sebutnya.

Calon penumpang arus mudik PELNI tujuan Batam-Jakarta menaiki kepal kelud di Pelabuhan Batuampar, Batam F Cecep Mulyana/Batam Pos

Mengenai harga tiket kapal, tidak ada kenaikan, untuk tujuan Belawan dijual Rp 220.000, dan Tanjungperiuk Rp 313.000.

Dia menambahkan untuk persiapan mudik lebaran nanti, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BP Batam, Kepolisian hingga bagian kesehatan. Selain itu, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan memasang tenda sebagai antisipasi hujan dan panas.

“Nanti pasti banyak penumpang, jadi kami sediakan tempat beristirahat menjelang check ini,” tambahnya.

Pihaknya juga menyediakan 14 bus sebagai mobilisasi penumpang dari pelabuhan menuju kapal. (cr17)

Update