F.Choky/Batam Pos

batampos.co.id – ASDP Pelabuhan Punggur menawarkan dua rute baru, menjelang arus mudik Lebaran. GM ASDP Telagapunggur, Anis Adinizam mengatakan bahwa satu rute sudah jalan semenjak akhir April lalu. Sedangkan satu rute lainnya, menunggu persetujuan dari pihak Provinsi Riau.

“Rute pertama itu Punggur-Dabo-Kualatungkal. Lalu selanjutnya rute langsung dari Punggur ke Mengkapan, Dumai. Dimana sebelumnya harus singgah dulu di Karimun,” katanya, Senin (29/5).

Ia mengatakan rute Batam,Dabo (Lingga) dilayani dengan menggunakan kapal sembilah. Lalu Dabo ke Kualatungkal (Jambi) dengan menggunakan kapal Murai.

“Kapalnya gak sama, tapi tetap yang kelola ASDP,” tuturnya.

Sementara itu untuk rute Batam ke Mengkapan, Dumai akan dilalui oleh Kapal Lome. Sebelumnya rute ini sudah ada, tapi karena harus terlebih dahulu transit ke Karimun membuat jarak tempuh semakin lama.

Dengan adanya rute langsung Batam-Dumai ini, diharapkan dapat mempersingkat waktu perjalanan masyarakat selama di Kapal. Rute Batam-Dumai dengan menggunakan kapal Roro ini termasuk cukup favorit dan disenangi masyarakat. Di saat harga tiket maskapai penerbangan yang begitu mahal, mudik dengan menggunakan Roro ini bisa jadi alternatif. Selain itu bagi yang ingin membawa kendaraan, juga bisa menggunakan kapal ini nantinya.

“Insya Allah kalau tak ada rintangan, dalam 2 minggu ke depan akan kami luncurkan,” ungkap Anis Adinizam

Kapal KMP Lome yang akan menjalani rute Batam-Dumai ini nantinya dapat menampung sebanyak 200an penumpang. “Tunggu lampu hijau dari Riau aja kita,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk saat ini arus penumpang di Pelabuhan Roro Telagapunggur masih normal. Belum ada terjadi lonjakan penumpang.

“Kalau melihat grafik data tahun lalu, sepertinya dua atau tiga hari sebelum Lebaran baru Rame. Atau pas Lebaran,” tuturnya. (ska)

Respon Anda?

komentar