batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Kasiman menganulir rendahnya peringkat pendidikan di Kabupaten Bunda Tanah Melayu ini karena belum meratanya guru yang ada. Dia memastikan jumlah tenaga pengajar timpang karena lebih banyak berada di perkotaan dibanding yang bertugas di pulau-pulau.

Iklan

“Bagaimana mutu pendidikan akan lebih baik jika guru saja tidak mereta. Saat ini di Pulau Senayang kekurangan guru hingga 70 orang jumlahnya,” ujar Kasiman, Senin (29/5) siang.

Menurut data yang ada pada Kasiman, saat ini dunia pendidikan di Kabupaten Lingga tidak mengalami kekurangan guru khususnya di tingkat SD. Namun yang menjadi kendala besar adalah tidak meratanya penugasan guru antara di kota dan pulau-pulau. Untuk itu, pada Mei ini Kasiman juga akan melakukan mutasi guru SD besar-besaran untuk menutupi kekurangan guru di pulau yang ada.

Kasiman mencontohkan, saat ini untuk tenaga guru SD di Kota Dabo Singkep sudah melampaui atau berlebih hingga 40 orang. Sedangkan di Pulau Senayang, aku Kasiman, masih kekurangan guru tingkan SD sebanyak 70 orang.

Selain pemerataan guru, Kasiman menjelaskan dua aspek lainnya yang menjadikan mutu pendidikan di Kabupaten Lingga masih di bawah kabupaten/kota di Provinsi Kepri ini. Menurut Kasiman, faktor kedisiplinan guru juga masih harus terus ditingkatkan sehingga dapat menjadikan generasi penerus yang handal.

“Masih banyak ya, yang tugas di pulau-pulau karena tidak terpantau jadi masih belum optimal mengajar,” kata Kasiman.

Sedangkan faktor lainnya, sambung Kasiman, adalah meningkatkan mutu pengajar. Jika menginginkan tingkat mutu pendidikan meningkat, semestinya harus meningkatkan mutu pengajarnya juga.

Saat ini, kata Kasiman, ada 800 guru tidak memiliki sertifikat Kurikulim 13. Karennya tidak mungkin guru akan mengajar dengan bagus jika tidak mengantongi kemahiran kirikulum tersebut.

“Bagaimana guru mau mengajar dengan baik kalau dia saja belum tamant dengan kurikulum 13 itu,” ujar Kasiman.

Namun untuk tahap awal, kasiman akan fokus mengatasi masalah pemerataan tenaga pengajar khususnya pada tingkat SD. Sehingga pelajaran dan pengajar akan terasa sama baik di kota maupun di pulau-pulau di Kabupaten Lingga ini. (wsa)