Sejumlah yacht tiba di Tarempa dalam acara Rally Sail to Anambas 2017. F. Syahid/batampos.

batampos.co.id – Sebanyak 7 kapal yacht berlabuh di pelabuhan Tarempa untuk melakukan Clearance Customs, Immigration, Quarantine and Port (CIQP). Tiga diantaranya merupakan kapal peserta rally Sail Anambas 2017 yang rencananya akan dimulai pada (6/6) mendatang. Sementara itu empat yacht lainnya merupakan kunjungan turis biasa.

Sayangnya agenda besar pariwisata Anambas ini terkesan tidak serius. Tamu yang datang ke Anambas tidak terlayani dengan baik, bahkan tak ada satupun persiapan yang dilakukan Pemkab Anambas dalam hal ini Disnas Pariwisatanya.

“Mereka itu (kapal yacht-red) langsung dari Tioman Malaysia ke Anambas tanpa melalui Batam lagi karena di Anambas juga sudah dapat melaksanakan Clearance.” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Tarempa Ikhsanul Humala Pane Harahap Senin (29/5)

Karena tidak ada pelayanan dari Pemda Anambas, salah satu turis komplin. “Komplain turis tersebut terkait pelayanan namun sudah di selesaikan di imigrasi dan telah kita layani dengan baik,” jelasnya.

Menurut Ikhsanul, hal ini dapat menimbulkan citra yang kurang baik. Seharusnya dengan adanya momon ini bisa dimanfaatkan untuk menarik turis asing. Bukan malah sebaliknya.

Peluang datangnya turis manca negara ke Anambas potensinya sangat besar, bahkan Ikhsanul memprediksi tahun ini melebihi 2016 lalu yang mencapai 41 yacht. (sya)

Respon Anda?

komentar