Riono. F. Yusnadi/batampos.

batampos.co.id – Pemko Tanjungpinang mengalokasikan dana sebesar Rp 4.700.000.000 untuk biaya perawatan kendaraan operasional Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tanjungpinang. Perawatan kendaraan bersumber dari APBD 2017 itu bertujuan untuk mendukung kinerja seluruh aparatur pemerintahan di lingkungan setda dan delapan kepala bagian (kabag).

Iklan

“Bukan kendaraan sekda sendiri yang dirawat. Tetapi kendaraan yang ada di delapan kabag juga harus dirawat selama setahun,” ujar Sekda Kota Tanjungpinang, Riono ketika dikonfirmasi, kemarin.

Delapan kabag yang perawatan kendaraannya ditanggung, kata Riono yaitu Bagian Humas dan Protokoler, Bagian Pemerintahan, Bagian Umum, Bagian Hukum, Bagian Ekonomi, Bagian Pembangunan, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), dan Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Ortal).

Sedangkan kendaraannya sendiri, lanjut Riono beragam jenis. Mulai dari motor, mobil dinas, mini bus sampai bus mengangkut pegawai dan bus lainnya.

“Jadi perawatan kendaraan itu meliputi biaya jasa servis dana penggantian suku cadang kendaraan,” bebernya.

Ditanya jumlah kendaraan yang ditanggung perawatannya, Riono mengaku tidak menghapalnya karena terlalu banyak. Namun secara rinci kucuran dana perawatan kendaraan di setda dikucurkan Rp 1.600.000.000 dan kendaraan didelapan kabag sebesar Rp 3.100.000.000

Sedangkan pihak ketiga yang menangani perawatannya, sambung Riono adalah kontraktor pemenang lelang. Jadi selama setahun seluruh kendaraan operasional dibawah naungan Setda Kota Tanjungpinang akan diservis dan diperbaharui suku cadangnya jika ada kerusakan.

“Seluruh kendaraan akan ditangani dengan baik oleh pihak ketiga. Dengan begitu semua urusan penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan baik dan lancar,” ungkapnya. (ary)