ilustrasi

batampos.co.id – Sejak diberlakukan Rabu (17/5) lalu, pengurusan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) di Dinas Cipta Karya baru tiga berkas. Namun demikian, kondisi ini dinilai awal dari perbaikan pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sempat terkendala, beberap waktu lalu.

“Kalau lancar ini IMB pasti lancar juga,” imbuh Kepala Dinas Cipta Karya, Suhar,, Selasa (30/5) siang.

Dia merinci, tiga pengurusan yang dimaksud di antaranya kepengurusan perumahan, perhotelan serta proyek Pemko Batam sendiri yakni Masjid Raya Agung II di Batuaji.

Agar kepengurusan meningkat, kata Suhar, pihaknya akan mensosialisasikan pemeberlakukan KRK ke masyarakat.  Sebelumnya, sosialisasi serupa juga pernah disampaikan ke pengembang dan asosiasi arsitek. “Jumlah ini kan awal, karena masih sedikit kita akan evaluasi. Ini (evaluasi) perlu dilakukan,” ucapnya.

Menurutnya, mengurus KRK di Cipta Karya tidak butuh waktu lama. Cipta Karya Batam menyiapkan skema waktu kepengurusan berdasarkan luas area lahan yang akan dibuatkan KRK-nya. Di antaranya, untuk lahan dibawah 500 meter persegi (umumnya tempat tinggal) perlu waktu 7 hari, lahan yang luasnya 500 meter persegi hingga 1000 meter persegi waktu pengurusaanya yakni sepuluh hari, sedangkan 1000 meter persegi ke atas butuh waktu 14 hari.

“Data lengkap pasti selesai tepat waktu,” katanya.

Tidak hanya butuh waktu yang singkat, kepengurusan KRK juga tidak dipungut biaya. Karena, KRK masuk kategori layanan non perizinan. Untuk itu, dia memastikan tidak ada pegawainya yang meminta uang pemulus. “Free, tak ada biaya. Kalau ada pegawai yang main-main, saya sendiri yang lapor pak wali, biar dipecat,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya bersama dengan pihak Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) sedang mempersiapakan agar kepengurusan KRK berbasis online.

“Habis lebaran lah kita lihat progresnya (sistem online), kami perlu persiapan yang matang. Inovasi-inovasi seperti ini sebagai upaya memudahkan masyarakat,” tutupnya. (cr13)

Advertisement
loading...