Sejumlah daun pohon palm bergoyang akibat ditiup angin kencang. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Stasiun Meteorologi Hang Nadim Kepri memperkirakan Batam akan dilanda angin kencang, hujan deras dan petir, disebabkan Siklon Tropis Mora di sebelah Barat Thailand. Siklon ini menyebabkan terbentuknya pola belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau. Pola ini mengakibatkan terjadinya penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan-awan.

“Posisi Kepri jauh (dari Siklon Tropis Mora,red), kena dampak tak langsung saja (hujan deras, angin kencang dan petir,red),” kata Kasi Datin Stamet Hang Nadim Batam, Suratman, Selasa (30/5).

Siklon ini kata Suratman juga dapat berpengaruh pada arus laut dan gelombang. Dimana hujan deras dan angin kencang yang terjad, menyebabkan naiknya gelombang laut. Sehingga ia berharap masyarakat  yang beraktivitas di laut selalu berhati-hati.

“Apabila melihat gumpalan awan tebal atau mulai hujan, sebaiknya waspada,” ungkapnya.

Sementara itu moda transportasi darat dan udara diperkirakan masih kondusif. Suratman menambahkan Rabu (31/5), cuaca di Kepri diprakirakan umumnya hujan ,  yang bersifat lokal.
“Namun tak menutup kemungkinan  terjadi hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang,” ujarnya.

Suratman mengatakan bahwa Kepri tak mengenal adanya musim, tapi hanya ada bulan-bulan dimana intensitas hujan lebih banyak. “Mei dan November, curah hujan selalu tinggi dibulan tersebut,” tuturnya.

Hujan yang akan melanda Kepri umumnya, dan Batam khususnya kata Suratman, diperkirakan akan berlangsung hingga awal Juni. (ska)

Advertisement
loading...