Sabtu, 20 April 2024

Percepat Kegiatan Lelang dan Belanja Modal

Berita Terkait

batampos.co.id – Sudah memasuki pertengahan tahun dan belum ada tanda-tanda serapan APBD tahun ini mencapai separuh. Sebab itu, Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah meminta kepada Pemprov Kepri agar mempercepat pelaksanaan sejumlah kegiatan lelang dan belanja modal. Kedua bidang ini, diyakininya akan berdampak baik bagi pemerintahan dan juga masyarakat.

“Pemerintah jadi tidak buru-buru dalam menyelesaikan programnya, masyarakat jadi terbantu dengan anggaran yang mulai dibelanjakan. Tidak dipungkiri, ekonomi Kepri hari ini masih bergantung pada APBD,” kata Iskandarsyah, kemarin.

Untuk itu, sambung dia, yang perlu dilakukan Gubernur Nurdin adalah mendorong seluruh kepala masing-masing organisasi perangkat daerah untuk mulai bekerja lebih giat lagi. Sementara Sekdaprov sebagai motor pemerintahan harus berani melakukan percepatan kegiatan lelang dan belanja modal.

“Karena uang APBD bisa dipakai untuk meningkatkan aktivitas ekonomi,” ujar politisi dari Partai Keadilan Sejahtera ini.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada tahun ini, kata Iskandarsyah, harus disikapi secara cepat. Seluruh pemangku kebijakan harus bekerja keras agar ketergantungan ekonomi Kepri terhadap sektor pertambangan, perminyakan, dan industri bisa mulai dikurangi.

Yang perlu digesa dalam waktu dekat, sambung Iskandarsyah, adalah menjadikan Kepri sebagai daerah investasi. “Tapi riil untuk investasikan potensi. Intinya membawa investor yang bisa menanamkan modalnya di Kepri karena di sana akan banyak membuka lapangan pekerjaan dan itu akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Jika tidak bisa segera dilakukan dalam tahun-tahun ke depan, Iskandarsyah mengkhawatirkan, ketergantungan terhadap sektor perminyakan dan industri itu akan lebih menjadi dan dapat melenakan ketika dua sektor ekonomi ini sudah tidak bisa diandalkan.

“Ya apalagi persaingan ke depannya semakin terbuka. Pemprov harus mulai berpikir jangka panjang tentang pertumbuhan ekonominya,” pungkas Iskandarsyah. (aya)

Update