Jumat, 19 April 2024

Sebagian Uang Suap ke Patrialis untuk Main Golf di Batam dan Bintan

Berita Terkait

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Warga Antre Beli Gas Melon

Penerimaan Pajak April Lebihi Target

batampos.co.id – Siang tadi (5/6/2017)  mulai menyidangkan perkara dugaan kasus korupsi importasi daging yang melibatkan mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar. Dalam  dakwaan, ternyata jaksa penuntut umum menyebut sebagian dari uang suap yang diberikan pengusaha importit daging Basuki Hariman itu untuk Patrialis bermain golf di Batam dan Bintan.

Sayangnya tidakkan nama lapangan golf tersebut. Jaksa KPK, Lie Putra Setiawan, mengatakan Basuki miliki kepentingan dengan uji materi UU importasi daging yang Basuki geluti selama ini.

Basuki Hariman dituturkan jaksa, diduga menyuap Patrialis lewat perantara Kamaludin. Mulanya, Jaksa Lie Putra menyebut pada 22 September 2016, Kamaludin meminta uang kepada Basuki untuk keperluan main golf di Batam bersama Patrialis.

“Terdakwa meminta Ng Fenny (sekretarisnya) serahkan uang kepada Kamaludin sejumlah US$20 ribu. Selanjutnya, Kamaludin menggunakan sebagian uang tersebut untuk membayar biaya hotel, golf dan makan bersama Patrialis Akbar, Ahmad Gozali dan Yunas di Batam. Sedang sisanya digunakan Kamaludin antara lain untuk biayai kegiatan-kegiatan golf bersama Patrialis di Jakarta,” ujar Lie dalam dakwaan Basuki Hariman di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Tidak hanya itu, pada 13/11/ 2016, lau Basuki dan Ng Fenny kembali bertemu Kamaludin yang ditemani Zaky Faisal. Dalam pertemuan tersebut, Basuki dan Ng Fenny menanyakan tentang perkembangan proses uji materi di MK.

“Terdakwa kemudian memberikan uang sejumlah US$10 ribu ke Kamaludin yang telah disiapkan sebelumnya oleh Ng Fenny, karena satu hari sebelumnya Kamaludin hubungi terdakwa dan meminta uang untuk bermain golf bersama Patrialis Akbar. ebagian uang itu digunakan oleh Kamaludin untuk biaya transportasi, akomodasi dan kegiatan golf Kamaludin, Patrialis Akbar, Hamdan Zoelva dan Ahmad Gozali di Batam dan Bintan, sedang sisanya digunakan Kamaludin untuk keperluan pribadinya,” sebut Lie. (spt)

Update