Jumat, 29 Maret 2024

Galang Tanda Tangan Tolak Renternir

Berita Terkait

batampos.co.id – Aliansi Peduli Masyarakat Kundur (APMK) Gerakan Menolak Praktik Renternir (Gempar) menggelar aksi penggalangan tanda tangan menolak renternir, Minggu (3/6) lalu. AMPK Gempar beranggotakan 27 ormas, OKP, komunitas dan paguyuban se Pulau Kundur.

Aksi dilakukan di bundaran tugu perahu simpang Urung pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan ratusan tanda tangan dari masyarakat yang dibubuhkan di atas sepanduk putih sepanjang 5 meter.

Ketua APMK Gempar Zulkaryanto mengatakan, jika aksi penggalangan tanda tangan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terhadap praktik renternir di Pulau Kundur. Diakuinya keberadaan renternir atau lintah darat di Pulau Kundur sudah marak dan memprihatinkan. Yang menjadi sasaran masyarakat miskin, ibu rumah tangga serta sejumlah usaha kecil ke bawah dengan dalih membantu bantuan modal.

“Kami menolak keras keberadaan renternir, lintah darat, bank keliling, dan segala bentuk aktifitas yang menyerupai tindakan menyerupai fungsi bank berkedok koperasi simpan pinjam. Baik dilakukan secara perorangan, kelompok ataupun dalam bentuk lembaga yang ada di Kundur,” tegas Zulkaryanto.

Lebih lanjut dikatakan, selama aksi digelar berlangsung tertib, aman dan kondusif. Karena sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pihak Polsek Kundur. Zulkaryanto juga mengatakan jika APMK Gempar secara intens melakukan pertemuan dan dialog dengan jajaran uspika, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda.

Diharapkan pemerintah setempat tidak tinggal diam dan berlarut-larut menyikapi persoalan renternir di tengah masyarakat. Untuk mengantisipasi terjadinya berbagai kemungkinan di tengah masyarakat diminta pemerintah segera mengambil sikap. (ims)

Update