Kamis, 25 April 2024

Lebaran, BI Siapkan Duit Baru sebanyak Rp 6 Triliun

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Bank Indonesia Kepri menyiapkan uang baru sebanyak 6 Triliun, untuk mengantisipasi lonjakan penukaran uang menjelang Lebaran. Uang-uang ini diharapkan mampu mengakomodasi permintaan masyarakat di Kepri.

“Kami sudah sediakan, dan itu cukup untuk masyarakat Kepri,” kata Kepala Bank Indonesia Cabang Kepri, Gusti Raizal, Senin (5/6).

Ia mengatakan uang-uang baru ini tak hanya tersedia di Bank Indonesia saja. Tapi masyarakat bisa menukarkan di Bank-Bank Konvensional maupun Syariah yang ada di Kepri.

“Nanti di depan Bank tersebut ada spanduk ditulis melakukan layanan penukaran uang kecil atau lusuh,” ujarnya.

Penukaran uang lusuh ke uang baru ini, kata Gusti tidak dipungut biaya satu rupiah pun. “Gratis, masyarakat harus ingat ini,” ungkapnya.

Bank Indonesia memang selalu menyiapkan uang baru setiap menjelang momen Lebaran. Karena pada momen-momen ini, peningkatan kegiatan penukaran uang selalu tinggi.

Tak hanya peningkatan penukaran uang saja. Selama Ramadan ini, kata Gusti perputaran uang juga cukup tinggi.

“Karena dibarengi dengan peningkatan kebutuhan,” tuturnya.

Ia menjelaskan perputaran yang di Kepri selama Ramadan lebih besar 20 sampai 30 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

“Itu mulai terlihat dari Mei lalu,” ujarnya.

Selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran ini. Saat perputaran dan penukaran uang yang tinggi, Gusti mengatakan pihaknya selalu mengawasi hal ini. Tak hanya bekerja sendiri, Gusti menuturkan pihaknya bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Kami itu mengantisipasi uang palsu, transfer ilegal dan kedaulatan Rupiah di negeri sendiri. Untuk saat ini Kepri cukup bagus dalam pengawasan ini,” katanya. (ska)

Update