Kamis, 28 Maret 2024

Arus Penumpang Pelabuhan SBP Masih Normal

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pos Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Syafril mengatakan hari ke 11 bulan suci Ramadan belum berpengaruh terhadap lonjakan penumpang. Bahkan alur mudik keberangkatan di pelabuhan ini masih tergolong normal.

“Arus penumpang di SBP masih normal atau sama seperti hari biasanya,” ujar Syafril ketika dikonfirmasi, Selasa (6/6).

Jumlah normal penumpang yang datang dan berangkat di Pelabuhan SBP, kata Syafril sebanyak 4000an orang dalam sehari. Diantaranya melalui dermaga domestik sebanyak 3.000-3.500 orang dan dari dermaga internasional sebanyak 400-500 orang.

Sedangkan rute keberangkatan yang dilalui mereka, lanjut Syafril untuk keberangkatan dan kepulangan (PP) dari dan ke Batam-Tanjungpinang maupun pulau-pulau melalui dermaga domestik sebanyak 39 trip dalam sehari.

Diantaranya dari Batam-Tanjungpinang dilayani oleh Armada Ferry Oceana 21 trip dan Armada Ferry Marina Expres 12 trip. Kemudian ke Tanjungbatu, Senayang, Daik Lingga, Tanjungbalai Karimun, Sungai Tanam, Dabo Singkep, dan Anambas dilayani enam trip dalam sehari.

Kemudian dari Malaysia dan Singapura ke Tanjungpinang maupun sebaliknya melalui dermaga internasional dilayani 11 trip dalam sehari. Yaitu rute Singapura-Tanjungpinang sebanyak 8 trip dan rute Malaysia-Tanjungpinang sebanyak 3 trip.

“Kalau H-7 dipastikan melonjak 60 persen dari hari biasanya. Sebab banyak pekerja yang sudah libur atau cuti,” bebernya.

Ditanya penambahan armada menjelang Idul Fitri, Syafril mengaku belum mengetahuinya. Namun dapat dipastikannya dengan jumlah armada yang beroperasi saat ini mampu menampung arus mudik lebaran.

“Kami rasa armada kapal di SBP sangat cukup untuk mengangkut penumpang saat lebaran. Jadi gak perlu ada penambahan armada lagi,” ungkapnya. (ary)

Update