Kamis, 28 Maret 2024

Dua Maskapai Ajukan Extra Flight

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Jamhur Ismail mengatakan untuk pelayanan arus mudik jalur udara di Bandara Hang Nadim, Batam diprediksikan meningkat. Menyiasati hal itu, maskapai Lion Air dan Citylink sudah mengajukan extra flight

“Lonjakan penumpang di Bandara Hang Nadim, Batam memang diperkirakan naik. Langkah antisipasinya adalah menggunakan penerbangan tambahan,” ujar Jamhur Ismail, Rabu (7/6) di Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang.

Disebutkannya, khusus maskapai City Link penerbangan tambahan dilaksanakan pada 22, 23,24 dan 30 Juni mendatang. Tambahan yang sama juga direncanakan pada 1 dan 2 Juli, yakni pada saat arus balik. Sedangkan Lion Air menjadwalkan extra flight diberlakukan sejak 15 Juni sampai 10 Juli.

“Penambahan ini dibeberapa daerah. Seperti tujuan Batam-Surabaya, Batam-Padang, dan Batam-Pekanbaru,” papar Jamhur.

Masih kata Jamhur, untuk kesiapan menghadapi arus mudik dan balik, Pemerintah Provinsi Kepri akan melakukan rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Rencananya rapat tersebut akan digelar besok (hari ini,red) di Kantor Gubernur Kepri.

“Kita sudah menyampaikan laporan kepada bapak Gubernur. Ada keinginan bapak Gubernur yang akan memimpin langsung rapat tersebut,” paparnya lagi.

Dikatakan Jamhur, pada rapat itu nanti, kesiapan armada tentunya menjadi objek pembahasan. Baik itu darat, laut maupun udara. Sebutkannya, dari pihak Pelni juga akan diundang, yakni untuk menjelaskan terkait perkembangan di lapangan. Baik itu kapal yang melayani dalam Kepri maupun luar Kepri.

“Begitu juga dengan pihak ASDP, juga kita undang. Karena setiap tahun jumlah pengguna jasa roro terus meningkat. Makanya tahun ini ASDP membuka rute baru tujuan Batam ke Mengkapan, Provinsi Riau,” jelasnya.

Ditambahkannya, Jamhur secara keseluruhan berapa armada yang ada akan disimpulkan lewat rapat besok (hari ini,red). Selain persoalan transportasi, juga akan dibahas keamanan di Pelabuhan, Bandara maupun terminal. Karena H-10 posko lebaran sudah harus berdiri.

“Kita ingin memberikan pelayanan yang prima. Mudah-mudahan tidak ada masyarakat yang tidak bisa mudik, karena tidak bisa berangkat. Khusus untuk pengguna kapal Pelni diharapkan memesan tiket dari jauh hari, sehingga ada rasa khawatir tidak kebagian tiket,” tutup Jamhur.(jpg)

Update