Sabtu, 20 April 2024

Dana Bantuan PKH Ribuan Warga Sudah Cair

Berita Terkait

Ratusan warga sedang melakukan antri untuk mendapatkan kartu Pandai BNI di Gedung Nasional. F. Sandi/batam.

batampos.co.id – Sebanyak 2.064 warga mampu dari tujuh kecamatan di Kabupaten Karimun mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Program Keluarga Harapan (PKH) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Karimun dan mulai diserahkan pada Rabu (7/6) di Gedung Nasional.

”Rinciannya, empat kecamatan yang ada di Pulau Karimun dan tiga kecamatan lagi berasal dari Pulau Kundur. Untuk Pulau Karimun jumlah warga yang menerima sebanyak 1.041 dan untuk Pulau Kundur 1.023 orang,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Panji Sasmita, Kamis (8/6).

Jumlah bantuan uang yang diberikan untuk warga miskin ini, kata Panji, masing-masing Rp500 ribu untuk tiga bulan. Dan, ini merupakan penyaluran tahap pertama. Kemudian, untuk 5 kecamatan yang lain, pihaknya sudah menyampaikan ke pusat.

Pencairan juga dilakukan tidak serentak. Dua hari lalu pencairan untuk penerima yang ada di Pulau Karimun. Pencaritan dana bantuan dana bantuan PKH di Pulau Kundur  akan dilakukan Senin (12/6) wilayah.

“PKH yang diberikan oleh pemerintah pusat ini tidak langsung dalam bentuk uang tunai. Melainkan, sudah dimasukkan terlebih dulu ke rekening BNI 46. Sehingga, ketika akan mengambil bantuan tersebut harus menggunakan kartu yang sudah disediakan oleh pihak bank,” paparnya.

Pemimpin Cabang BNI 46, Joko Teguh Sembodo secara terpisah menyebutkan, bahwa bantuan yang akan diterima warga yang masuk dalam PKH sudah dibuatkan rekening dari pusat sesuai dengan nama yang tertera dengan KTP.

”Sehingga, ketika waktu pencairan tiba akan diberitahukan untuk membawa identitas dan kemudian kita berikan Kartu Pandai BNI. Kartu ini berfungsi untuk mengambil uang yang ada di dalam rekening,” ujar Joko.

Dikatakan Joko, ada tiga tempat yang dapat dijadikan pedoman untuk pemegang Kartu Pandai BNI agar lebih mudah untuk mengambil atau mencairkan uangnya. Yakni, di Agen BNI 46 yang ada di pemukiman masyarakat, khususnya jika lokasi kantor kas jauh. Kemudian, dapat menggunakan ATM dan datang ke kantor kas. Meski tidak ada buku rekening, tapi pemegang Kartu Pandai BNI dapat diberikan kertas atau catatan tentang jumlah saldo. (san)

Update