Jumat, 29 Maret 2024

Kunjungan Pasien Meningkat

Berita Terkait

Sejumlah warga melakukan cek kesehatan di Puskesmas Tanjungbalaikarimun. F Tri/ Batam Pos.

batampos.co.id – Kunjungan pasien Puskesmas Tanjungbalai Karimun selama Ramadan meningkat dari hari biasanya. Selama dua pekan ini, pasien yang rawat jalan mencapai 1.100 orang lebih. Sedangkan yang rawat inap tidak terjadi peningkatan.

”Benar, hanya awal puasa saja yang berkurang. Namun, hari berikutnya cukup meningkat kunjungan pasien ke Puskesmas Tanjungbalai Karimun,” kata Kepala TU Puskesmas Tanjungbalai Karimun Azmi, kemarin (11/6).

Lanjutnya, pasien rata-rata rawat jalan menggunakan BPJS Kesehatan, kemudian baru umum atau sistem bayar langsung ke Puskesmas. Sedangkan, jam operasional dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB, namun lewat jam pendaftaran bisa langsung ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk pemeriksaan.

”Pasien rata-rata ke poli umum, kebidanan dan THT. Sedangkan yang melahirkan sudah ada 10 orang, 8 orang melahirkan langsung di Puskesmas dan 2 orang dirujuk ke RSUD M Sani,” tuturnya.

Saat ini ruangan untuk rawat inap mencapai 33 ruangan, diantaranya VIP 3 kamar dengan 3 tempat tidur, Kelas I ada 4 kamar dengan 8 tempat tidur, Kelas II ada 6 kamar dengan 13 tempat tidur dan kelas III ada 12 tempat tidur.

”Kalau fasilitas rawat inap semuanya bisa dipergunakan. Termasuk, rawat inap kebidanan ada 2 kamar dengan 4 tempat tidur,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan pengaman, pihaknya juga telah memasang CCTv. Ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya pencurian yang beberapa waktu lalu terjadi.

Pantauan di lapangan, Sabtu (10/6) lalu para pasien ketika melakukan pengecekan kesehatan maupun minta surat kesehatan mulai dari ibu hamil, balita, remaja dan orangtua. Dengan sistem pendaftaran dan antrian, sehingga proses pemeriksaan kesehatan tertib.(tri)

Update